Sukses


Indra Sjafri Serahkan 50 Nama ke KOI untuk Kandidat Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku akan menyerahkan daftar 50 pemain untuk skuat SEA Games 2023 ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Kamis (16/3/2023). 

Indra Sjafri dipercaya memimpin Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023. Sejauh ini, Indra sudah dua tahap melakukan pemusatan latihan sebagai langkah pembentukan skuat.

Mantan pelatih Bali United itu mengaku, sudah mengantongi nama-nama yang dianggap potensial untuk membela Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023.

Nama-nama tersebut didapat melalui pemantauan yang dilakukan pada dua tahapan pemusatan latihan. Nantinya hanya akan ada 20 nama yang dibawa ke Kamboja.

"Hari ini kami harus mendaftarkan pemain sebanyak 50 nama ke KOI. Setelah ini, kami akan meeting, diskusi dengan para pelatih. Siangnya kami akan kasih nama 50 pemain," kata Indra Sjafri di Jakarta.

2 dari 5 halaman

Liga 1 dan 2

Dalam daftar pemain yang diserahkan ke KOI berasal dari klub Liga 1 dan Liga 2. Menurut Indra Sjafri, dari nama-nama yang akan diplot ke Timnas Indonesia U-22 ada yang bermain reguler di klubnya.

"Sebanyak 21 pemain itu dari Liga 1. Kemudian ada 29 pemain dari Liga 2," tegas Indra Sjafri.

"Ada yang reguler bermain sebanyak 15, dapat jam bermain. Enam yang jam bermainnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi, kami simpulkan akan didaftarkan," ujar pelatih asal Sumatra Barat itu.

3 dari 5 halaman

Dipantau pada FIFA Matchday

Indra Sjafri juga mengaku akan terus memantau para pemain yang akan dipilih mengisi Timnas Indonesia U-22. Pemantauan itu akan dilakukan pada FIFA Matchday, karena ada beberapa nama yang dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia senior.

"Ada FIFA Matchday, jadi pemain-pemain akan bermain di sana. Kalau tidak salah, ada lima pemain yang kelahiran 2001," ucap Indra Sjafri.

"Jadi, kami akan memantau perkembangan mereka di Timnas senior," tegas Indra Sjafri.

4 dari 5 halaman

Ambil Merata

Indra Sjafri menilai, para pemain yang didaftarkan berasal dari dua tahapan pemusatan latihan. Untuk porsinya, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu mengambilnya secara merata.

"Hampir 50:50 persen. Akan tetapi, dari hasil tes fisik lebih baik pada gelombang kedua," ucap Indra Sjafri.

"Namun, dari hasil psikotes lebih baik gelombang pertanma. IQ-nya juga standarnya lebih bagus," tegas Indra Sjafri.

5 dari 5 halaman

Kualitas Sama

Sementara itu, soal kualitas para pemain dikatakan Indra Sjafri hampir sama. Pada gelombang satu dan dua disebut memiliki kualitas yang tak berbeda jauh.

"Pengamatan teknis dari internal game, itu sama. Tiga kali dari gelombang satu, tiga kali juga gelombang dua. Ya hampir sama," tegas Indra Sjafri.

SEA Games 2023 akan digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. Namun, untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola bakal berlangsung lebih dulu pada 29 April 2023.

Video Populer

Foto Populer