Sukses


Curhat Zainudin Amali yang Merasa Jadi Menpora Lebih Ringan Ketimbang Urus Sepak Bola di PSSI

Bola.com, Jakarta - Zainudin Amali merasakan perbedaan yang luar biasa setelah menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Menurut Amali, bekerja sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga terasa lebih ringan, ketimbang mengurusi sepak bola Indonesia bersama PSSI.

Curahan hati itu diungkapkan Zainudin Amali saat melakukan serah terima jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sebagai Pelaksana Tugas, Kamis (16/3/2023).

"Walaupun dari olahraga yang besar saya mengecil ke satu cabang olahraga yakni sepak bola. Akan tetapi, setelah beberapa hari, pekerjaan sebagai Menpora masih lebih ringan dibanding mengurus sepak bola," kata Zainudin Amali di Jakarta.

Zainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI pada Februari 2023. Situasi itulah yang jadi alasan baginya untuk melepas jabatan Menpora.

2 dari 5 halaman

Belajar Lagi

Zainudin Amali mengaku harus belajar hal-hal baru di PSSI untuk mengurusi sepak bola. Namun, situasi itu berusaha dinikmatinya karena masih berkecimpung di dunia olahraga.

"Saya merasakan satu hal yang luar biasa dari yang saya tidak tahu menjadi tahu," ucap Zainudin Amali.

"Alhamdulillah saya tidak akan berpisah dengan ibu dan bapak. Saya tetap masih ada di lingkungan olahraga," tegas Zainudin Amali.

3 dari 5 halaman

Nikmati Tantangan

Zainudin Amali menyebut, bekerja di PSSI dianggapnya sebagai tantangan baru. Pria asal Gorontalo itu mengaku akan berusaha menikmati tantangan tersebut.

"Akan tetapi itulah tantangan hidup. Kita bergerak ke depan selalu yang diajarkan dari pada senior oleh Prof Muhadjir," ucap Amali.

"Kita harus meyakini apa yang kita kerjakan sesuatu saat akan sampai ke tujuannya," ujar Amali.

4 dari 5 halaman

Ujung Perjalanan

Selain itu, Zainudin Amali menyebut dengan diserahkan jabatan Menpora pada Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas menjadi ujung perjalanannya di kementerian tersebut. Zainudin Amali juga merasa deja vu saat menyerahkan jabatannya itu.

"Saya menerima jabatan Menpora setelah Pak Hanif Dhakiri. Memang nasib saya kembali menyerahkan jabatan kepada Plt. Saya tidak pernah menerima dan menyerahkan jabatan kepada Menpora definitif," ucap Amali.

"Hari ini saya berakhir di Kemenpora. Ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof. H. Muhadjir Effendy," tegas Amali.

5 dari 5 halaman

Pencapaian Zainudin Amali

Zainudin Amali menjadi Menpora sejak Oktober 2019. Jabatan tersebut diembannya selama tiga tahun lima bulan.

Prestasi olahraga Indonesia terbilang baik bersama Zainudin Amali. Pada SEA Games 2019, Indonesia meraih posisi keempat. Adapun pada 2021 Indonesia sukses menempati peringkat tiga SEA Games.

Sementara itu, prestasi mengesankan juga terjadi pada Olimpiade 2020 di mana Indonesia berhasil meraih satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali.

Video Populer

Foto Populer