Sukses


3 Tim Ini Bisa Membantu PSM Memastikan Gelar Juara BRI Liga 1 Tanpa Memeras Keringat Lagi

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar sukses menggebuk Bhayangkara FC 3-1 pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat (17/3/2023).

Tambahan tiga poin ini makin menjauhkan jarak Juku Eja dari kejaran Persija dan Persib. Kini pasukan Bernardo Tavares makin kukuh di puncak klasemen sementara dengan 69 poin.

Dengan jumlah angka ini, sejatinya Wiljan Pluim dkk. bisa menjuarai kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini tanpa perlu menguras keringat lagi. Namun PSM Makassar masih butuh bantuan Dewa United, Bhayangkara FC, dan Persita untuk memastikan gelar kampiun. Kok bisa sih?

Berikut analisanya.

2 dari 4 halaman

Dewa United dan Bhayangkara FC

Dewa United bakal melawat ke kandang Persib, Senin (20/2/2023) mendatang. Jika The Tangsel Warriors mampu mencuri poin milik Maung Bandung dengan skor akhir seri atau menang, maka otomatis akan mengurangi poin Persib untuk bersaing dengan PSM.

Bila laga berakhir imbang saja, maka poin maksimal anak asuh Luis Milla mentok di angka 69. Persis dengan milik PSM saat ini. Tapi PSM sudah bisa menggelar pesta di Makasar, karena mereka unggul head to head dan produktivitas gol dari Persib.

Apabila Dewa United gagal menahan laju Persib masih ada Bhayangkara FC yang akan menolong PSM. The Guardians akan bentrokan dengan Persib, 25 Maret nanti.

3 dari 4 halaman

Kans Besar

Pertandingan di Bandung ini bersamaan dengan agenda Timnas Indonesia kontra Burundi pada partai pertama FIFA Matchday. Persib kehilangan tiga gelandangnya yang membela Timnas Garuda. Mereka adalah Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Jadi besar kemungkinan Bhayangkara FC akan mampu merebut poin dari tangan David da Silva dkk.

 

4 dari 4 halaman

Persita

Persita juga bisa 'membantu' PSM. Dengan syarat, M. Toha cs menahan seri atau mengalahkan Persija di Stadion Indomilk Arena Tangerang, 28 Maret nanti.

Dengan status tuan rumah, adrenalin penggawa Pendekar Cisadane bakal meledak untuk menjegal Macan Kemayoran. Kekuatan Persija juga terreduksi. Pasalnya pada hari sama, enam pilar Persija sedang membela Timnas Indonesia melawan Burundi pada FIFA Matchday kedua.

Mereka antara lain Muhammad Ferarri, Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, dan Dony Tri Pamungkas. Jika pada tiga laga itu Persib dan Persija meraih hasil minor, maka PSM dipastikan menjuarai BRI Liga 1 musim.

Maka tiga laga sisa PSM melawan Madura United, PSIS, dan Borneo FC sekadar formalitas untuk menggugurkan kewajiban musim ini.

Video Populer

Foto Populer