Sukses


Jalin Kerja Sama dengan Jepang, PSSI Serius Benahi Liga hingga Sepak Bola Putri

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA). Kerja sama kedua federasi itu bakal meliputi pembenahan liga hingga sepak bola putri.

Kerja sama itu terjadi saat PSSI dan JFA sama-sama menghadiri Kongres FIFA ke-73 di Kigali, Rwanda pada 13-16 Maret 2023. Dalam pertemuan itu disepakati kerja sama untuk meningkatkan sepak bola Indonesia.

Menurut Erick Thohir, Jepang sepakat untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan sepak bola nasional khususnya liga. Nantinya, kedua federasi itu akan bertukar ilmu untuk pembenahan liga agar semakin profesional.

"Jepang sudah menandatangani kerja sama dengan Indonesia untuk liga. Kerja samanya seperti apa? Itu bisa manajemen, perwasitan, sistem dan lain-lain. Lalu dengan Jepang juga mau kerja sama untuk pembangunan sepak bola putri," kata Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Bersinergi dengan AFC

Selain dengan JFA, PSSI juga memperkukuh kerja sama dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kerja sama yang dilakukan berupa sinergi terhadap sejumlah agenda sepak bola internasional.

"Kalau dengan AFC, kami menyinergikan agenda, karena kami ingat agenda sepak bola dunia ada di FIFA Matchday, kalender AFC," ucap Erick Thohir.

"Kapan istirahatnya pemain, kapan juga kami siapkan Timnas Indonesia. Pertemuan selanjutnya, kami akan memaparkan agenda hasil dari sarasehan. Itu yang akan kami sinkronkan dengan AFC," ujar Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Mendengar dan Menampung

Sementara itu, dalam sarasehan dengan Asprov PSSI, Erick Thohir mendengar dan menampung semua masalah sepak bola di Indonesia.

Erick didampingi pengurus PSSI seperti Wakil Ketua Umum, Zainudin Amali dan Ratu Risha, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dan para Anggota Exekutif (Exco).

"Ini merupakan sarasehan yang kedua setelah sarasehan Liga 1 dan Liga 2. Sekarang kami adakan sarasehan dengan Asprov," kata Erick Thohir.

"Sarasehan artinya apa kami mendengar permasalahan sepak bola yang ada di Indonesia, setelah didengar baru kami mengambil keputusan dan keputusan itu dilakukan karena isu-isu yang ada di bawah," ucap Erick.

4 dari 4 halaman

Banyak Masukan

Erick Thohir juga menyebut, dalam sarasehan dengan Asprov PSSI pihaknya mendapatkan banyak masukan mengenai perbaikan sepak bola Indonesia. Menurut Erick, situasi ini sangat bagus karena artinya pihaknya bisa sama-sama mencarikan solusi terbaik.

"Bukan hanya Exco memutuskan tanpa melihat dari bawah. Asprov tadi sudah kami diskusikan dan banyak masukan-masukan dari Asprov yang kami juga menjadi bagian dari solusi," ucap Erick Thohir.

"Jangan bicara masalah satu dan lainnya yang akhirnya memecah belah. Harus mencari solusi bersama dan harus konkret," tegas Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer