Sukses


Shin Tae-yong Ungkap Alasan Panggil Riko Simanjuntak Setelah 4 Tahun Absen Membela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya alasan khusus dalam pemanggilan Riko Simanjuntak untuk FIFA Matchday. Dia menyebut, Riko layak dipanggil karena performanya meningkat bersama Persija Jakarta.

Bagi Riko Simanjuntak, kembali dipanggil membela Timnas Indonesia menjadi edisi perdana dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya, pemain berusia 31 tahun itu mendapat kesempatan membela skuad Merah Putih pada 2019.

Menurut Shin Tae-yong, penampilan Riko sangat baik bersama Persija Jakarta di BRI Liga 1 musim ini. Seperti diketahui, Riko Simanjuntak sukses mencetak empat gol dan enam assist dari 27 penampilan.

"Alasan saya mengapa memanggil Riko Simanjuntak karena saya melihat permainannya yang bagus pada BRI Liga 1 2022/2023," kata Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Terbuka untuk Semua

Menurut Shin Tae-yong, pemanggilan ke Timnas Indonesia akan terbuka untuk semua pemain. Syaratnya adalah mampu memberikan penampilan yang terbaik bersama klub di BRI Liga 1 seperti yang telah dilakukan Riko Simanjuntak.

"Kalau ada pemain yang bermain bagus pada BRI Liga 1 2022/2023, pasti akan dipilih dan saya selalu terbuka," tegas Shin Tae-yong.

"Saya berharap seluruh pemain Indonesia bisa menunjukkan yang terbaik pada BRI Liga 1 2022/2023," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 5 halaman

Targetkan Kemenangan

Pelatih Shin Tae-yong mengaku membutuhkan penampilan terbaik dari para pemain yang telah dipanggil ke Timnas Indonesia. Duel kontra Burundi sangat krusial buat Timnas Garuda untuk memperbaiki ranking FIFA.

"Saya membutuhkan pemain-pemain terbaik agar Timnas Indonesia mendapatkan prestasi pada ranking FIFA," tegas Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di urutan ke-151 ranking FIFA. Adapun Burundi berada di posisi ke-141.

4 dari 5 halaman

Buta Kekuatan

Pelatih Shin Tae-yong juga mengaku buta kekuatan Burundi jelang laga FIFA Matchday. Shin menyebut akan mulai mencari tahu mengenai kekuatan tim asal Afrika tersebut.

"Untuk Burundi, saya jujur belum tahu tim ini seperti apa. Memang saya mintanya lawan yang 80-100 peringkatnya. Situasi saat ini tak mendukung. Jadi akhirnya Burundi," ucap STY.

"Jujur, sampai sekarang saya tak tahu tentang Burundi. Mulai hari ini akan dianalisis," tegas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia pada FIFA Matchday

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer