Sukses


4 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday: Diperkuat Pemain Klub Eropa

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Burundi pada FIFA Matchday. Duel Tim Garuda versus Burundi akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 25 dan 28 Maret mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebenarnya menginginkan timnya melawan negara dengan ranking 100 besar atau rentang 80-100 dunia.

Namun, PSSI kesulitan mencari lawan yang diinginkan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Alhasil, Burundi dipilih untuk adu tanding dengan Timnas Indonesia.

Saat ini, Burundi hanya menempati posisi ke-141 ranking FIFA per 22 Desember 2022, unggul 10 tangga atas Timnas Indonesia.

"Terkait Burundi, jujur saya belum mengetahui tim ini seperti apa," jelas Shin Tae-yong.

"Memang, saya mintanya lawan peringkat 80-100 ranking FIFA. Tetapi, situasinya tidak mendukung. Jadi, akhirnya Burundi," sambungnya.

Lantas, siapa itu Burundi calon lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday? Berikut ini adalah empat fakta negara tersebut.

2 dari 6 halaman

Tim Semenjana di Afrika

Burundi hanya berlabel tim semenjana di Afrika. The Swallows tidak pernah lolos ke Piala Dunia. Selain itu, Burundi juga hanya sekali melaju ke Piala Afrika.

Sejak 2020, Burundi telah empat kali berhadapan dengan negara Asia. Hasilnya, The Swallows memperoleh dua kemenangan dan menelan dua kekalahan.

Burundi membekuk Bangladesh 3-0 dan takluk dari Palestina pada 2020, menekuk Myanmar 2-1 pada 2021, serta keok 0-1 dari Bahrain pada 2022.

 

3 dari 6 halaman

5 Pemain di Eropa

Burundi mempunyai sedikitnya lima pemain yang berkarier di Eropa. Kelimanya adalah Saido Berahino, Youssouf Ndayishimiye, Jospin Nshimirimana, Frederic Nsabiyumva, dan Marco Weymans.

Saat ini, Saido Berahino bersatus sebagai kapten Burundi. Penyerang berusia 29 tahun itu berpengalaman mencetak 49 gol selama 10 tahun bermain di Liga Inggris, termasuk di Premier League, Premier League 2, hingga EFL Championship.

Sementara itu, Youssouf Ndayishimiye menjadi pemain terpenting buat Burundi saat ini. Bek berusia 24 tahun itu tengah membela OGC Nice di Liga Prancis.

4 dari 6 halaman

Sering Kalah

Soccerway mencatat Burundi lebih banyak kalah ketimbang meraih kemenangan dalam 10 pertandingan terakhirnya di berbagai kejuaraan.

Burundi takluk enam kali, menang tiga kali, dan seri sekali. Dua kemenangan dipetik ketika mengalahkan Djibouti 2-1 pada Juli 2022, Liberia 2-1 pada Maret 2023, dan Seychelles 8-1.

Burundi tengah dipoles oleh Etienne Ndayiragije, pelatih lokal, yang baru ditunjuk pada Januari tahun ini untuk menggantikan Joslin Bipfubusa.

 

5 dari 6 halaman

Gagal di Piala Afrika

Timnas Burundi baru tampil satu kali pada putaran final Piala Negara-Negara Afrika atau Africa Cup of Nations (AFCON). Sebuah kejuaraan antar negara anggota CAF.

Kesempatan tampil tersebut didapatkan pada edisi 2019. Sayangnya, langkah Timnas Burundi terhenti di fase grup karena gagal bersaing.

Menghuni grup B bersama Madagaskar, Nigeria dan Guinea, Timnas Burundi hanya menjadi juru kunci. Mereka tak meraih satu poin pun dalam kejuaraan tersebut.

6 dari 6 halaman

Daftar Pemain Burundi untuk Menghadapi Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer