Sukses


Gabung TC Timnas Belanda U-20, Justin Hubner Tak Minat Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023?

Bola.com, Malaga - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner, diketahui sudah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Belanda U-20. Hubner terlihat sudah berada di Marbella Football Center, Spanyol.

Lokasi tersebut merupakan venue pertandingan persahabatan antara Timnas Belanda U-20 melawan Prancis. Justin Hubner akan membela Timnas Belanda U-20 dalam turnamen yang bertajuk Young Stars Week National Teams.

Timnas Belanda U-20 akan menghadapi Prancis pada laga yang digelar di Banus Football Center 1, Sabtu (25/3/2023). Keputusan tetap menerima panggilan Timnas Belanda U-20 tentu mengejutkan.

Pasalnya, Justin Hubner saat ini sedang menjalani proses perpindahan kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia. Proses naturalisasinya pun hampir rampung.

2 dari 5 halaman

Sudah Direstui DPR

DPR RI telah menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan untuk Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI pada Selasa (21/3/2023).

"Persetujuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dilanjutkan dengan pengambilan keputusan," ujar Ketua DPR sekaligus pemimpin sidang paripurna, Puan Maharani.

"R08 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Justin Hubner. R09 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Ivar Jenner dan R10 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Rafael Struick," ucap Puan Maharani.

3 dari 5 halaman

Diketahui Hitungan Hari

Teka-teki nasib Justin Hubner diklaim bakal terjawab dalam hitungan hari. Pernyataan itu disampaikan secara langsung oleh mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani.

"Banyak pertanyaan, apakah Justin Hubner tetap membela Timnas Indonesia atau dia memilih Timnas Belanda?" ucap Hasani Abdulgani.

"Dalam beberapa hari ke depan akan mendapat jawabannya. Mohon dukungannya karena kami sedang bekerja dan berkomunikasi. Semoga terbaik untuk Merah Putih," tegas Hasani.

4 dari 5 halaman

Mangkir Sidang

Sebelum diputuskan pada rapat paripurna DPR RI, permohonan naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick lebih dulu dibahas bersama Komisi X dan III. Dalam rapat tersebut, Justin Hubner mangkir dalam pembahasan.

Padahal, Justin Hubner telah diundang untuk mengikuti rapat secara virtual. Hanya Ivar Jenner yang mengikuti kedua rapat tersebut.

Adapun Rafael Struick hanya ikut pada rapat kerja sesi perdana bersama Komisi X. Adapun saat bersama Komisi III, Rafael Struick tak terlihat.

5 dari 5 halaman

Masih Berkomitmen

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menegaskan Justin Hubner masih berkomitmen akan proses naturalisasi yang sedang dijalaninya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keyakinan itu didapat Indra Sjafri setelah berbicara dengan sang pemain.

"Hingga saat ini, dia masih berkomitmen. Terakhir dia mengatakan masih berkomitmen," kata Indra Sjafri.

"Kalau tidak salah, Justin Hubner tadi sedang latihan," ujar Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer