Sukses


Beda dengan Shin Tae-yong, Pelatih Burundi Tetap Izinkan Pemain Berpuasa Ramadan Jelang FIFA Matchday Kontra Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Burundi, Etienne Ndayiragije, tetap mengizinkan anak asuhnya menjalankan ibadah puasa Ramadan jelang laga FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia.

Setengah dari pemain Timnas Burundi beragama Muslim dan menjalani ibadah puasa. Pelatih Etienne Ndayiragije tak masalah dengan hal itu, karena menganggap puasa Ramadan bukan sebuah hal yang harus dihindari.

Etienne memberikan kebebasan kepada para pemain yang ingin tetap menjalani ibadah puasa. Tugasnya adalah menyiapkan strategi yang tepat agar ibadah dan latihan pemain bisa beriringan.

"Saya rasa setengah skuad kami beragama Muslim. Akan tetapi, kami sudah terbiasa dengan ini dan tinggal bagaimana mempersiapkannya saja. Kami sudah siap," kata Etienne Ndayiragije di Jakarta.

2 dari 5 halaman

Bukan Halangan

Pelatih Etienne Ndayiragije menyebut, ibadah Ramadan yang dijalani para pemain bukan sebuah halangan. Menurut Etienne Ndayiragije, ibadah tersebut merupakan perintah dari Tuhan dan tidak bisa dijadikan alasan.

"Ramadan bukan suatu hukuman. Itu merupakan kepercayaan dari hati yang diberikan oleh Tuhan," ucap Etienne Ndayiragije.

"Jadi, kami tidak bisa mengeluh atas hal itu. Ya, pemain masih akan puasa," tegas Etienne Ndayiragije.

3 dari 5 halaman

Beda Pandangan

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap pemain tidak menjalani ibadah puasa saat laga FIFA Matchday melawan Burundi. Pelatih asal Korea Selatan itu akan berkonsultasi dengan pemuka agama untuk membahas hal tersebut.

"Memang agak sulit buat saya karena para pemain seharusnya bisa makan tepat waktu. Kalau para pemain tidak makan tetapi harus berlari dan bertanding, itu agak sulit buat pemain," kata Shin Tae-yong.

"Jadi, saya harus berkoordinasi lebih dulu dengan pemuka agama dan para pemain supaya lebih fokus saat pertandingan dan dan sehari sebelumnya untuk fokus ke laga."

"Maksudnya, para pemain tetap makan tanpa puasa. Mungkin puasanya bisa diganti setelah periode puasa. Untuk itu, harus dibicarakan lagi dengan pemimpin agama dan para pemain," jelas Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Sudah Berlatih

Skuad Burundi menggelar latihan perdana di Indonesia pada Rabu (22/3/2023) malam WIB di Lapangan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Pelatih Etienne Ndayiragije menyebut, sesi latihan berjalan baik dan tanpa kendala.

"Latihan berjalan baik. Kami melakukan peregangan setelah perjalanan jauh yang memakan waktu," ucap Etienne Ndayiragije.

"Jadi, kami memerlukan ini untuk pemanasan pemain. Saya rasa bagus dan melihat banyak hal positif di sini," tegas Etienne Ndayiragije.

5 dari 5 halaman

Belum Lengkap

Pelatih Etienne Ndayiragije mengonfirmasi belum semua pemain yang dipanggil untuk laga FIFA Matchday hadir di Indonesia. Ada beberapa pemain yang masih dalam perjalanan hingga melewatkan sesi latihan perdana karena kelelahan.

"Kami masih memiliki beberapa pemain yang akan menyusul. Ada beberapa pemain juga yang tidak bisa latihan karena kelelahan," tegas Pelatih Etienne Ndayiragije.

"Jadi, saya memberikan mereka waktu istirahat. Saya senang melihat tim ini yang notabene merupakan skuad muda, banyak pemain bagus, dan bermain di liga top," ucap Pelatih Etienne Ndayiragije.

Video Populer

Foto Populer