Sukses


3 Statistik Istimewa yang Buktikan Timnas Indonesia Lebih Unggul saat Kalahkan Burundi: Dominasi Permainan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses mencatatkan sejumlah keunggulan saat menghadapi Burundi pada pertandingan pertama ajang FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023).

Dari segi permainan, Timnas Indonesia memang terlihat dominan dalam sejumlah momen. Hasilnya, skuad Merah Putih mampu memaksimalkan setiap peluang menjadi gol.

Hanya dalam satu babak saja, Timnas Indonesia mampu unggul tiga gol lewat Yakob Sayuri (6’), Dendy Sulistyawan (14’), dan Rizky Ridho (43’). Adapun gol balasan Burundi dicetak oleh Pacifique Niyongabire (51’).

Dari catatan statistik, setidaknya ada sejumlah keunggulan yang mampu dicatatkan skuad asuhan Shin Tae-yong pada laga ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Unggul Penguasaan Bola

Timnas Indonesia mampu menampilkan dominasinya atas Burundi pada pertandingan ini. Dari segi statistik, skuad Merah Putih memang lebih unggul penguasaan bola ketimbang Burundi.

Sebab, dari catatan LapangBola, Timnas Indonesia mampu membukukan 57% penguasaan bola berbanding dengan 43% yang dicatatkan oleh Burundi.

Tingginya persentase penguasaan bola Timnas Indonesia ini memang terlihat dari jumlah umpan yang dihasilkan. Marc Klok dkk mencatat 365 operan sukses dari 456 upaya.

Sementara itu, Timnas Burundi hanya bisa menghasilkan 267 operan sukses dari total 327 operan yang mereka catatkan sepanjang laga.

3 dari 4 halaman

Unggul Akurasi Tembakan

Selanjutnya, keunggulan lainnya yang juga dicatatkan oleh Timnas Indonesia pada pertandingan ini terletak pada akurasi tembakannya ke gawang Burundi.

Secara jumlah, skuad Merah Putih memang masih kalah. Sebab, mereka hanya bisa membukukan 12 kali tembakan, berbanding 13 shots yang dicatatkan oleh Burundi.

Namun, jika berbicara soal akurasi, Timnas Indonesia lebih baik. Sebab, tujuh tembakan di antaranya mengarah ke gawang alias menghasilkan tembakan tepat sasaran.

Sementara itu, Burundi hanya bisa melesakkan lima shots on target. Dengan kata lain, akurasi tembakan Indonesia mencapai 58,3% terhitung lebih baik ketimbang catatan Burundi yang mencapai 38,4%

4 dari 4 halaman

Ancaman dari Umpan Silang

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Burundi memang tak terlepas dari keberhasilan tim asuhan Shin Tae-yong dalam memaksimalkan keunggulannya pada laga ini.

Pasalnya, mereka mampu mengeksploitasi sisi pertahanan sayap tim lawan. Hal ini diikuti dengan umpan silang yang sukses menghasilkan gol.

Tercatat, skuad Merah Putih mampu mencatatkan lima umpan silang sukses. Adapun Burundi hanya bisa menciptakan empat kali.

Dua umpan silang di antaranya juga sukses menghasilkan gol. Yang pertama ketika Stefano Lilipaly mengirim servis kepada Yakob Sayuri pada gol pembuka pada menit keenam.

Adapun gol kedua juga lahir dari umpan silang Rachmat Irianto yang berhasil disontek Dendy Sulisyawan pada menit ke-13.

Video Populer

Foto Populer