Sukses


3 Fakta Setelah Persebaya Menundukkan Persikabo di BRI Liga 1: Ada yang Berbuka Puasa

Bola.com, Gresik - Persebaya Surabaya akhirnya sukses kembali ke jalur kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Mereka menang 3-2 saat menjamu Persikabo 1973 dalam laga tunda pekan ke-18 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu (25/3/2023) malam.

Gol-gol Persebaya merupakan hasil kreasi Paulo Victor (30’ dan 70’) serta sepakan penalti Ze Valente (76’). Sedangkan Persikabo sempat membalas lewat Ryan Kurnia (31’) dan Pedro Henrique (56’).

Dari nama pencetak gol saja sudah terlihat bahwa Paulo Victor menjadi pemain yang menonjol dalam pertandingan ini. Striker asal Brasil itu sukses menyumbang brace alias dua gol.

Hasil ini membuat Persebaya naik peringkat ke posisi kedelapan klasemen sementara. Mereka telah mengoleksi 42 poin dalam 29 laga, hasil dari 12 menang, enam seri, dan 11 kekalahan.

Bola.com telah merangkum tiga fakta menarik setelah Persebaya berhasil mengalahkan Persikabo. Simak ulasannya:

2 dari 5 halaman

Berbuka Puasa Kemenangan

Memasuki bulan Ramadan, Persebaya juga sempat “berpuasa” kemenangan.  Sebelum laga ini, Persebaya telah melewati enam pertandingan tanpa kemenangan.

Itu merupakan catatan tanpa kemenangan terpanjang bagi tim asal Kota Pahlawan itu dalam semusim sejak Liga Indonesia 1994/1995.

Persebaya sempat unggul 1-0 lewat gol Paulo Victor. Tapi, mereka kemudian tertinggal 1-2 karena dua gol Persikabo. Beruntung, tuan rumah berhasil mencetak dua gol lagi sehingga mampu mengamankan tiga poin.

Alhasil, kali ini mereka mengakhiri catatan buruk yang sebelumnya melewati periode negatif.

3 dari 5 halaman

Brace Paulo Victor

Pemain bernomor punggung sembilan itu membawa pengaruh besar bagi permainan Persebaya. Performanya mampu mengangkat Persebaya meraih tiga poin lagi. Ditambah lagi, Paulo Victor mampu tampil efektif sepanjang 85 menit bermain yang dimilikinya di pertandingan ini.

Dia hanya membukukan lima tembakan saja, masing-masing dua tepat sasaran dan tiga melenceng dari gawang Persikabo. Hasilnya, semua tembakan yang mengarah ke gawang berbuah gol untuk Persebaya.

Sosok Ze Valente mungkin jadi penentu kemenangan karena dia mencetak gol ketiga bagi Persebaya setelah sempat tertinggal 1-2. Tapi, apa yang dilakukan oleh Paulo Victor mendongkrak permainan timnya.

Laga ini jadi kali pertama buat Paulo Victor mencetak lebih dari satu gol di Liga 1. Total, dia kini telah mencetak lima gol dalam 10 pertandingan bersama Persebaya. Namanya pun layak dinobatkan sebagai man of the match.

 

4 dari 5 halaman

Bangkit pada Laga Tunda

Persebaya melewati enam pertandingan dengan kemenangan beruntun. Mereka sempat menang atas Dewa United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Madura United, Borneo FC, dan PSS Sleman.

Di tengah-tengah itu, Bajul Ijo seharusnya menjamu Persikabo dalam laga pekan ke-18 sebelum melawan Persita. Tapi, laga saat itu tak bisa digelar karena Persebaya kesulitan mendapat izin menggelar pertandingan.

Setelah melawan PSS, mereka membukukan enam laga terakhir tanpa kemenangan. Masing-masing melawan Bali United, PSM Makassar, RANS Nusantara, Barito Putera, Persib Bandung, dan Persik Kediri.

Kini, saat memainkan laga tunda, Persebaya akhirnya berhasil kembali ke jalur kemenangan. Raihan tiga poin ini juga terkesan dramatis mengingat mereka tertinggal 1-2.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer