Sukses


Tampil Garang 90 Menit, Justin Hubner Bawa Belanda U-20 Bungkam Prancis U-20

Bola.com, Marbella - Calon bek naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner, bermain garang selama 90 menit pada kemenangan Timnas Belanda U-20 atas Timnas Prancis U-20 dalam uji coba FIFA Matchday.

Justin Hubner mengantarkan Belanda U-20 membungkam Prancis U-20 2-1 di Banus Football Center, Marbella, Spanyol pada Sabtu (25/3/2023) malam WIB.

Dua gol Belanda U-20 dicetak oleh brace Emanuel Emegha pada menit ke-40 dan ke-47. Sementara, sebiji gol Prancis dibuat Ange-Yoan Bonny.

Pelatih Belanda U-20, Martijn Reuser, memainkan Justin Hubner sebagai starter kontra Prancis U-20. Bek berusia 19 tahun itu tidak tergantikan di lini belakang.

2 dari 5 halaman

Prancis Peserta Piala Dunia U-20 2023

Prancis adalah satu di antara lima wakil Eropa di Piala Dunia U-20 2023 bersama Timnas Inggris U-20, Timnas Italia U-20, Timnas Slovakia U-20, dan Timnas Israel U-20.

Sementara, Belanda U-20 gagal lolos ke putaran final yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 tersebut.

Justin Hubner tengah dalam sengketa Belanda U-20 dan Timnas Indonesia U-20. Soalnya, palang pintu Wolverhampton Wanderers U-21 itu dipanggil kedua tim secara bersamaan.

3 dari 5 halaman

Naturalisasi Memasuki Tahap Akhir

Pesepak bola berdarah Bandung, Jawa Barat dan Makassar, Sulawesi Selatan itu turut tercantum dalam daftar 29 pemain Timnas Indonesia U-20 untuk pemusatan latihan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 sedang menggelar training center di Jakarta pada 20 April-1 Maret 2023 dan berlanjut di Korea Selatan pada 2-20 April 2023.

Bersama dua pemain keturunan lainnya yang terdiri dari Ivar Jenner dan Rafael Struick, Justin Hubner juga telah memasuki tahapan akhir proses naturalisasi setelah permohonan pergantian kewarganegaraan ketiganya disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

4 dari 5 halaman

Masih Percaya dengan Justin Hubner

Justin Hubner bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Jokowi dan pengambilan sumpah di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 masih percaya dengan komitmen Justin Hubner. Dia yakin palang pintu berkaki kidal itu tetap memprioritaskan untuk menuntaskan naturalisasinya sebagai WNI.

"Masalah ini bisa terjadi karena proses naturalisasi kurang cepat. Tetapi, saya sudah menelepon Justin Hubner pada dua hari yang lalu, dia masih berniat dan mau menjadi WNI," imbuh Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

5 dari 5 halaman

Sudah 2 Kali Main untuk Timnas Indonesia U-20

"Jadi, walaupun dipanggil Belanda U-20, tidak masalah. Yang penting, kami tetap melanjutkan proses naturalisasi. Saya tetap percaya Justin Hubner akan datang ke Timnas Indonesia U-20," tutur Shin Tae-yong.

Justin Hubner juga sudah pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Bek berpostur 187 cm ini bertanding dua kali dalam festival sepak bola Costa Calida Region de Murcia Football Week di Spanyol.

Bersama Wolverhampton Wanderers U-21 pada musim ini, Justin Hubner telah mencatatkan 11 penampilan dengan total 644 menit bermain.

Video Populer

Foto Populer