Sukses


Pengamat Sebut Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023 Bisa Menjadi Awal Bencana Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pengamat sepak bola, M. Kusnaeni menilai pembatalan Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan di Bali pada 31 Maret 2023 terancam memunculkan sanksi lebih berat yang akan didapat Indonesia dibanding saat terkena hukuman pada 2016.

Jika saat itu FIFA mem-banned keanggotaan PSSI gara-gara intervensi pemerintah RI, namun kali ini akan lebih berat dan pelik karena berkaitan dengan Piala Dunia U-20 2023.

"Pembatalan drawing merupakan awal. Jika kita sampai gagal melaksanakan Piala Dunia U-20, Indonesia bisa dianggap menodai kepercayaan yang diberikan FIFA," ungkap Kusnaeni dalam keterangan tertulisnya.

"Otoritas tertinggi sepak bola internasional tersebut dirugikan secara material dan immaterial, karena pelaksaan event mereka kacau balau," tutur Kusnaeni.

2 dari 6 halaman

Terancam Terdampak

Jika terkena sanksi, dunia sepak bola Tanah Air bakal terdampak. Para pemain terbaik negeri ini kehilangan kesempatan bersaing di pentas internasional.

Pada periode 2015=2016, Indonesia pernah merasakan pahitnya sanksi dari FIFA karena dikucilkan dari pentas internasional. Gara-gara dilarang berkiprah di ajang resmi, ranking Indonesia melorot drastis.

Mimpi melihat Indonesia berprestasi makin jauh, karena secara ranking FIFA, Timnas Indonesia tercecer.

3 dari 6 halaman

Bisa Kehilangan Kesempatan

Jika terkena sanksi, dunia sepak bola Tanah Air bakal terdampak. Para pemain terbaik negeri ini kehilangan kesempatan bersaing di pentas internasional.

Pada periode 2015-2016, Indonesia pernah merasakan pahitnya sanksi dari FIFA karena dikucilkan dari pentas internasional. Gara-gara dilarang berkiprah di ajang resmi, ranking Indonesia melorot drastis.

Mimpi melihat Indonesia berprestasi makin jauh, karena secara ranking FIFA, Timnas Indonesia tercecer.

4 dari 6 halaman

FIFA Batalkan Drawing

Sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memastikan bahwa FIFA telah membatalkan pengundian babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 seharusnya digelar di Taman Werdhi Budaya Art Centre, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023.

Arya mengatakan bahwa FIFA telah menginformasikan secara informal kepada panitia penyelenggara turnamen atau LOC Piala Dunia U-20 2023 terkait pembatalan pengundian U-20 2023 pada Sabtu (25/3/2023).

5 dari 6 halaman

Penjelasan PSSI

"Kemarin, kami dan LOC Piala Dunia U-20 sudah mendapatkan informasi dari FIFA. Dalam pemberitahuannya, belum ada surat resmi," ujar Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Minggu (26/3/2023).

"Tapi, sudah jelas bahwa drawing Piala Dunia U-20 sudah dibatalkan FIFA. Jadi, ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA," imbuh Arya.

6 dari 6 halaman

Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

<p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Video Populer

Foto Populer