Sukses


Menakar Peluang Egy Maulana Vikri Rebut Posisi Inti di Timnas Indonesia dari Stefano Lilipaly dan Yakob Sayuri

Bola.com, Jakarta - Stefano Lilipaly berhasil membuktikan kehebatannya saat Timnas Indonesia menang 3-1 atas Burundi pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023).

Walau tak mencetak gol, permainannya berhasil menghidupkan lini depan skuad Garuda. Tak hanya itu, ia juga berkontribusi besar dengan mengirimkan bola sialng untuk gol pertama yang dicetak Yakob Sayuri pada awal-awal pertandingan.

Performa tersebut seolah menjadi pembuktian bagi pemain asal klub Borneo FC Samarinda itu. Sebab, ia awalnya tak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk pertandingan FIFA Matchday ini.

Ia pun sempat bereaksi lewat akun Instagram pribadinya karena diabaikan dari daftar tersebut. Pemain berusia 33 tahun itu menulis kata 'lucu' untuk menggambarkan keputusan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun, takdir berkehendak lain bagi pemain naturalisasi asal Belanda ini. Cedera yang menimpa Egy Maulana Vikri memberinya kesempatan untuk menunjukkan diri sebagai salah satu pemain penting dalam tim Merah Putih.

 

2 dari 3 halaman

Egy Maulana Vikri Tersingkir Permanen?

Dengan performa hebat yang dibuat Lilipaly pada malam tersebut, muncul pertanyaan. Apakah pelatih yang akrab disapa STY tersebut bakal 'mempermanenkan' Lilipaly di Timnas Indonesia?

Egy yang 'disingkirkannya' mungkin pantas khawatir. Menilik kebiasaan sang pelatih, ia sangat sulit memanggil ulang pemain yang sudah tak dikehendakinya.

Alfeandra Dewangga dan Irfan Jaya yang bersinar di Piala AFF 2020 merupakan bukti sahih akan hal tersebut. Keduanya tak lagi mendapat tempat begitu STY menemukan pengganti yang lebih oke.

 

3 dari 3 halaman

Singkirkan Beberapa Nama Lain

Tetapi sejatinya tak hanya Egy yang wajib berbenah selepas pulih dari cedera. Pemain lain yang menghuni posisi sayap pun patut cemas dengan performa hebat yang ditunjukkan Lilipaly dan juga Yakob Sayuri yang bermain di sisi sebaliknya.

Saddil Ramdani, Riko Simanjuntak hingga Witan Sulaeman harus mulai sadar bila dirinya bukan pilihan utama untuk saat ini. Mereka harus meningkatkan pemahaman taktikal jika tak ingin semakin tertinggal.

Menarik dinanti komposisi starter Timnas Indonesia saat kembali berhadapan dengan Burundi di tempat yang sama, Selasa (28/3/2023). Tetapi untuk saat ini, Lilipaly dan Yakob Sayuri merupakan pilihan terbaik yang dimiliki di sektor sayap.

Video Populer

Foto Populer