Sukses


Tangan Kanan Shin Tae-yong Pastikan Shayne Pattynama Belum Bisa Membela Timnas Indonesia Vs Burundi di Bekasi Besok

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama datang ke Jakarta bukan untuk membela Timnas Indonesia kontra Timnas Burundi jilid kedua. Bek yang baru dinaturalisasi itu belum bisa bermain untuk Merah-Putih.

Shayne Pattynama telah tiba di Indonesia pada Minggu (26/3/2023) malam WIB setelah melalui perjalanan panjang yang melelahkan selama 24 jam lebih dari Norwegia.

Kehadiran pemain berusia 24 tahun itu di Indonesia diduga untuk mengurus pergantian paspor dan perubahan federasinya dari KNVB ke PSSI pasca-dilantik sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 24 Januari 2023.

Shayne Pattynama sebenarnya dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dua kali beruji coba dengan Burundi dalam FIFA Matchday pada 25 dan 28 Maret 2023.

2 dari 6 halaman

Publik Penasaran

Namun, namanya terpaksa dicoret. Sebab, pesepak bola asal Viking FK di kasta teratas Liga Norwegia itu masih belum mendapatkan pengesahan terkait alih statusnya di FIFA.

Keberadaan Shayne Pattynama di Indonesia bikin publik penasaran. Sejumlah netizen menduga bahwa pemain kelahiran Lelystad, Belanda itu sudah bisa membela Timnas Indonesia melawan Burundi.

Timnas Indonesia akan kembali menjamu Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Selasa (27/3/2023) malam WIB sesudah menang 3-1 dalam uji coba pertama.

3 dari 6 halaman

Shayne Pattynama Masih Absen

"Kalau Shayne Pattynama bergabung dengan Timnas Indonesia untuk melawan Burundi, sudah pasti tidak bisa," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto kepada Bola.com, Senin (27/3/2023) siang WIB.

Pada Senin (27/3/2023) malam WIB, Timnas Indonesia akan menggelar latihan resmi di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara sebagai persiapan untuk menghadapi Burundi.

Lantas, mungkinkah Shayne Pattynama mengikuti latihan Timnas Indonesia seraya bertemu dengan Shin Tae-yong dan calon rekan-rekannya? Nova enggan berspekulasi. "Ditunggu saja ya," imbuh Nova.

4 dari 6 halaman

Pelukan dan Jamuan Makan Malam

Sebelumnya, Shayne Pattynama mendapatkan pelukan dan jamuan makan malam dari Ketua PSSI, Erick Thohir selepas mendarat di Indonesia.

"Semalam, saya bertemu dengan Shayne Elian Jay Pattynama, sesaat setelah tiba di Jakarta dari Norwegia," tulis Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Senin (27/3/2023) siang WIB.

5 dari 6 halaman

Makan Nasi Goreng dan Pepes Ikan Kecombrang

Dalam prosesi makan malam itu, Erick Thohir dan Shayne Pattynama sama-sama melahap dua makanan khas Indonesia, nasi goreng dan pepes ikan kecombrang.

"Ketika dijemput tim PSSI, Shayne bilang bahwa ia rindu dengan masakan Indonesia. Kami lalu berbincang sambil menikmati nasi goreng dan pepes ikan kecombrang. Welcome back, Shayne!" ujar Erick Thohir.

6 dari 6 halaman

27 Pemain Timnas Indonesia untuk Melawan Burundi

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer