Sukses


3 Gelandang yang Layak Dicoba Shin Tae-yong pada Jilid Kedua Timnas Indonesia Vs Burundi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali menjajal kekuatan Timnas Burundi pada pertandingan bertajuk FIFA Matchday. Bentrok kedua tim akan berlangsung pada Selasa (28/3/2023) pukul 20.30 WIB.

Duel antara Timnas Indonesia versus Burundi bakal digelar di tempat yang sama dengan pertemuan pertama, yaitu Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Sebelumnya, Tim Garuda Nusantara sukses meraih kemenangan meyakinkan atas Burundi. Pada pertemuan pertama yang dihelat Sabtu (25/3/2023) malam WIB, Timnas Indonesia menggulung tim tamu dengan skor 3-1.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dilesakkan Yakob Sayuri pada menit ke-6, Dendy Sulistyawan (14'), dan Rizky Ridho (44'). Adapun gol semata wayang Burundi tercipta lewat kaki Pacifique Niyongabire di menit ke-51.

Skuad besutan Shin Tae-yong itu memang bermain cukup baik dalam laga tersebut. Timnas Indonesia tampil dominan dengan menciptakan banyak peluang. Hasilnya, skuad Merah Putih menceploskan tiga gol pada babak pertama.

Pada laga persahabatan ini, Shin Tae-yong memanggil total 28 pemain. Dari 28 nama tersebut, 10 pemain di antaranya berposisi gelandang. Mereka adalah Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), dan Rachmat Irianto (Persib Bandung).

Kemudian ada Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), dan Saddil Ramdani (Sabah FC)

Nah, pada pertemuan pertama, Shin langsung menurunkan empat gelandang Timnas Indonesia dalam formasi 3-4-2-1. Adapun keempat pemain yang bermain sejak menit awal yaitu Stefano Lilipaly, Rachmat Irianto, Yakob Sayuri, dan Marc Klok.

 

2 dari 5 halaman

Cukup Oke

Keempat pemain itu tampil baik dan menunjukkan kualitasnya. Mereka turut andil dalam kemenangan Timnas Indonesia atas Burundi. Yakob dan Lilipaly masing-masing mencetak sebiji gol dan assist.

Penampilan keempat gelandang ini pun mendapat pujian dari pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto.

"Kalau dilihat kemarin komposisi gelandang sudah cukup bagus saat Klok, Irianto, Lilipaly dan Yakob. Memainkan mereka kembali supaya keseimbangan tim berjalan dengan bagus," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com Senin (27/3/2023) sore WIB.

 

3 dari 5 halaman

Syahrian Abimanyu Layak Dicoba

Meski begitu, jika menengok sejumlah gelandang lainnya yang ikut mendapat panggilan Timnas Indonesia, Erwan menilai ada beberapa pemain yang layak menjadi starter pada pertemuan kedua nanti. Siapa saja?

"Ya bisa dicoba nanti untuk merotasi pemain. Menurut saya pemain yang bisa dimainkan adalah Kambuaya, Abimanyu, dan Dzaky Asraf," ucap pelatih asal Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Sejatinya pada laga sebelumnya, Syahrian Abimanyu diberi kesempatan bermain oleh Shin Tae-yong. Dia menggantikan peran Rachmat Irianto pada awal babak kedua.

Gelandang Persija Jakarta itu tampil cukup baik kontra Burundi. Syahrian lebih sibuk menutup ruang bagi Burundi yang mencoba terus mencoba mengancam pertahanan Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Kambuaya dan Dzaky Bisa Starter

Begitu pula dengan Kambuaya dan Dzaky. Menurut Erwan Hendarwanto kedua pemain itu bisa jadi pembeda apabila diberi kesempatan tampil sejak menit awal.

Pada pertemuan sebelumnya, Ricky Kambuaya sebetulnya sudah diberi menit bermain oleh Shin Tae-yong. Namun, tak banyak yang bisa dilakukan Ricky karena baru masuk pada injury time babak kedua.

Sementara itu, Dzaky Asraf belum mendapat menit bermain. "Kambuaya punya visi bermain dan skill yang bagus, bertahan dan menyerangnya juga bagus," puji Erwan Hendarwanto.

"Kalau Dzaky Asraf pemain muda yang bisa dibilang tengah naik daun, dia dipanggil Timnas Indonesia di berbagai level usia. Penampilannya cukup impresif baik di klub dan tim nasional. Bisa lah dicoba pada pertamuan kedua lawan Burundi nanti," pungkasnya.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Lawan Burundi:

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer