Sukses


BRI Liga 1: Kekhawatiran Pelatih Arema FC Terjadi Saat Dipermalukan 10 Pemain Bali United

Bola.com, Jakarta - Arema FC menderita kekalahan memalukan dari Bali United dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2023). Tim berjulukan Singo Edan itu menyerah 1-3 meski sejak awal babak kedua, sang lawan bermain dengan 10 orang setelah Novri Setiawan diganjar kartu merah.

Kiper Arema FC, Adilson Maringa harus kebobolan tiga gol dari Ilija Spasojevic, Privat Mbarga dan Yabes Roni. Sedangkan gol telat Arema FC diciptakan Evan Dimas di pengujung laga. Kekalahan ini sontak menjawab kekhawatiran sang pelatih.

Mereka hanya punya waktu tiga hari menatap laga ini. Sementara Bali United memiliki persiapan 11 hari. “Seperti yang saya khawatirkan. Selama tiga hari dalam kondisi puasa, tidak mungkin mengembalikan kondisi pemain. Ini sudah saya sampaikan sebelumnya. Tapi tidak ada pilihan lagi, kami harus ambil,” kata pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo.

Dalam laga ini, Arema FC sempat menyiasati kekurangan stamina pemain dengan menggunakan beberapa formasi. Awal pertandingan mereka menggunakan tiga pemain belakang dan fokus bertahan, tetapi kemudian diubah menjadi empat bek demi meraih kemenangan.

 

2 dari 4 halaman

Malah Kocar-kacir

Risiko mengubah pola pertahanan membuat pertahanan Arema FC kocar-kacir dengan kecepatan pemain Serdatu Tridatu, julukan Bali United.

“Kami sudah siapkan beberapa alternatif strategi. Karena di lini belakang kami memang kurang. Terutama kondisi fisik. Terbukti, pemain kami akhirnya cedera. Sergio Silva,” keluhnya.

Sergio mengalami hamstring di pertengahan babak kedua. Cedera itu terjadi setelah bek asal Portugal tersebut beradu lari dengan Privat Mbarga. “Kalau kami tetap main fokus bertahan, hasilnya kemungkinan sama. Dengan begitu, kami coba melakukan perubahan dan membuat beberapa peluang. Tapi risikonya memang seperti ini,” lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Merosot?

Kendati demikian, Getuk tak ingin menyalahkan anak buahnya. Dia tetap memberikan apresiasi kepada Dendi Santoso dkk. lantaran pemain Arema sudah berupaya melawan dua hal. Agresivitas pemain Bali United dan kondisi fisik mereka yang kurang ideal.

Kekalahan ini membuat Arema gagal menembus 10 besar. Justru mereka terpaku di urutan 12 dengan 38 poin. Tidak menutup kemungkinan posisi Singo Edan merosot beberapa hari ke depan karena mereka hanya berjarak tiga poin dari dua tim di bawahnya, yakni PSIS Semarang dan Persikabo 1973.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer