Sukses


Sudah 2 Bulan Tidak Bermain, Kapten Timnas Indonesia Mungkin Absen Lagi Lawan Burundi Malam Ini

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, kemungkinan akan kembali duduk di bangku cadangan ketika beruji coba jilid kedua dengan Timnas Burundi di FIFA Matchday.

Timnas Indonesia akan meladeni perlawanan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Fachruddin juga tidak bermain dalam pertemuan pertama ketika Timnas Indonesia menang 3-1 atas Burundi di Stadion Patriot, 25 Maret 2023.

Fachruddin baru pulih dari cedera yang memaksanya absen selama nyaris tiga bulan. Bek Madura United itu belum pernah bermain lagi bersama Timnas Indonesia sejak Piala AFF 2022 pada Januari tahun ini.

2 dari 6 halaman

Ungkapan Fachruddin Aryanto

Sehabis membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Fachruddin mengalami cedera lutut. Namun, masalah pada kakinya sudah sembuh sejak akhir Februari 2023 dan mulai berlatih bersama Madura United.

Cedera itu bikin Fachruddin melewatkan semua partai Madura United di putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023, setidaknya hingga pekan ke-31 sebelum periode FIFA Matchday.

"Kondisi saya sebenarnya telah membaik. Tetapi, saya sudah lama tidak bertanding jadi harus beradaptasi dulu secara fisik dan feeling pertandingan," ungkap Fachruddin.

3 dari 6 halaman

Konsultasi dengan Shin Tae-yong

Fachruddin telah berkonsultasi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkait kondisinya saat ini. Palang pintu berusia 34 tahun itu mungkin masih akan menjadi penghangat bench pada laga kontra Burundi.

"Lantaran saya sudah cukup lama tidak bertanding, apalagi tensi pertandingan internasional yang tinggi, saya sudah bicara dengan coach Shin Tae-yong," tutur Fachruddin.

"Katanya, lebih baik saya mengembalikan kondisi lebih dulu. Kalau sudah siap, baru saya bertanding lagi," jelas mantan pemain Persija Jakarta tersebut.

4 dari 6 halaman

Lini Belakang Timnas Indonesia Tetap Tangguh

Tanpa Fachruddin, ketangguhan lini belakang Timnas Indonesia tetap tergaja. Perannya dapat digantikan dengan baik oleh Rizky Ridho yang berkolaborasi dengan Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengungkapkan penyebab tetap bersikukuh memanggil Fachruddin ke Timnas Indonesia meski secara kondisi masih belum layak bertanding.

5 dari 6 halaman

Alasan Shin Tae-yong

"Setelah saya melatih Timnas Indonesia, Fachruddin memang terus-menerus menjadi kapten," ungkap Shin Tae-yong.

"Dia adalah satu di antara pemain yang mau melakukan pengorbanan untuk Timnas Indonesia," tutur arsitek asal Korea Selatan itu.

6 dari 6 halaman

Mau Lihat Langsung

"Saya mendengar setelah Piala AFF 2022, Fachruddin mengalami cedera. Beberapa pekan lalu, dia sudah sembuh dan ikut latihan normal dengan klubnya," ucap Fachruddin.

"Jadi saya mau melihat langsung kondisi Fachruddin seperti apa. Jadi, saya memanggilnya karena dia pemain yang mau berkorban," terang Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer