Sukses


Tak Hanya Edo Febriansyah, 2 Pemain Ini Layak Jadi Pelapis Pratama Arhan di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Edo Febriansyah menjadi salah satu bek kiri yang sering dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Pemain Persita Tangerang itu menjadi pelapis bagi Pratama Arhan.

Edo dipanggil untuk FIFA Matchday melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 25 dan 28 Maret 2023. Edo Febriansyah bermain dalam dua pertemuan kontra Burundi.

Pada laga perdana yang dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 3-1, Edo tampil pada babak kedua menggantikan Pratama Arhan pada menit ke-65.

Kemudian pada pertemuan kedua, pemain berusia 25 tahun itu dimainkan sejak menit awal. Namun, Edo yang tampil cukup apik mengalami cedera.

Pada menit ke-24, dia ditarik keluar dan digantikan Pratama Arhan. Laga tersebut berakhir dengan skor sama kuat 2-2.

Meski tak jarang bermain bagus, kondisi itu tidak mengubah kepercayaan Shin Tae-yong terhadap kemampuan Pratama Arhan. Sehingga Edo akan tetap ada dibawah bayang-bayang pemain Tokyo Verdy tersebut.

Pratama Arhan memang menjadi bek kiri andalan Timnas Indonesia dalam beberapa turnamen terakhir. Pemain asal Blora, Jawa Tengah itu mendapat kepercayaan tinggi dari Shin Tae-yong.

 

2 dari 4 halaman

Bisa Menjadi Opsi

Posisinya di sektor belakang skuad Garuda Nusantara seakan tak tergoyahkan. Meski begitu, jasa Edo Febriansyah di Timnas Indonesia akan tetap dibutuhkan.

Namun, mempercayakan satu pemain pelapis saja di posisi bek kiri akan terlalu riskan bagi Tim Merah-Putih. Pasalnya, masih ada sederet nama yang bisa dilirik Shin Tae-yong seandainya Edo Febriansyah mengalami cedera.

Mereka bisa dijadikan opsi pelatih berusia 52 tahun itu untuk menghadapi agenda Timnas Indonesia mendatang.

Lantas, siapa saja bek yang pas untuk menjadi pelapis Pratama Arhan jika Edo Febriansyah cedera? Bola.com merangkum dua pemain yang bisa dijadikan opsi mengisi pos bek kiri. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 4 halaman

Yance Sayuri

Yance Sayuri menjadi tulang punggung PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023. Saudara kembar Yakob Sayuri itu tampil gemilang dan membawa PSM memuncaki klasemen sementara Liga 1 musim ini.

Dari 28 penampilan, Yance sukses membukukan empat gol dan dua assist. Performa impresif itulah membuat Shin Tae-yong kepincut, dan akhirnya memanggil Yance memperkuat Timnas Indonesia untuk kali pertama pada FIFA Matchday melawan Burundi.

Pada pertemuan kedua Indonesia dengan Burundi Yance tampil sebagai starter. Dia kemudian digantikan Rizki Ridho pada menit ke-79.

Pemain asal Kepulauan Yapen, Papua itu dikenal memiliki kecepatan serta determinasi yang tinggi. Kemampuan dalam menyerang dan bertahan juga sama baiknya. Hal itu tentu menjadi hal positif bagi skuad Shin Tae-yong.

 

4 dari 4 halaman

Firza Andika

Pemain selanjutnya yang patut mendapat kesempatan dari Shin Tae-yong adalah Firza Andika. Sebagai bek kiri, Firza menjadi salah satu pemain bertahan yang memiliki kemampuan ofensif mumpuni.

Pemain berusia 23 tahun itu tampil sebanyak 28 kali bersama Persija Jakarta di Liga 1 musim ini. Firza mampu membukukan satu gol plus dua assist sejauh ini.

Sebetulnya, pemain kelahiran Medan itu kerap mendapatkan panggilan Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Firza sempat menjadi pelapis Pratama Arhan di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Jauh sebelum itu, Firza mulai dilirik Shin Tae-yong pada SEA Games 2021. Pada ajang tersebut Firza mencatat tiga penampilan.

Video Populer

Foto Populer