Sukses


Erick Thohir Masih Melobi FIFA Agar Indonesia Tak Kena Sanksi Berat Setelah Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir masih terus melobi FIFA agar Indonesia tak kena sanksi berat setelah dicoret dari tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Erick menuturkan kepada wartawan di Istana Negara, Jumat (31/3/2023), bahwa saat ini ia masih menunggu pertemuan selanjutnya dengan FIFA. Seperti diketahui, FIFA resmi mencoret Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

FIFA tak menyebutkan alasan resmi, hanya dengan menyebut current circumstances.

"Setelah membaca surat dari FIFA, bapak Presiden segera mengutus saya untuk membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia dan kembali membuka pembicaraan dengan FIFA untuk kita tetap menjadi bagian dari mereka. Ini bisa diartikan Presiden tidak mau kita terkucilkan dari sepak bola Indonesia," katanya.

 

2 dari 4 halaman

Berharap Hanya Sanksi Ringan

Erick juga berharap FIFA tak menjantuhkan sanksi berat seperti yang terjadi pada 2015, yaitu pembekuan.

"Sanksi terberat tentu yang ini bukan kita harapkan, tentunya pembekuan, tidak mengikuti kompetisi di level tim nasional dan klub seperti tahun 2015. Di surat itu jelas, FIFA sedang mempelajari sanksi untuk Indonesia," lanjutnya.

"Ini ajan menjadi sebuah kemunduran jika terulang lagi," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Diganti Argentina?

Indonesia batal menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 yang sesuai jadwal berjalan pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. FIFA pada akhirnya mencoret status tuan rumah Indonesia.

Hak tuan rumah Indonesia dicabut hanya delapan minggu sebelum dimulainya turnamen Piala Dunia U-20 2023, di tengah kekacauan politik atas partisipasi Israel.

Kabar terbaru, Argentina punya kans untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia.

Bahkan Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan kode bahwa penyelenggaraan bisa saja dilakukan di negara Kawasan Amerika Selatan itu.

4 dari 4 halaman

Rilis Resmi FIFA

Berikut ini surat atau rilis resmi dari FIFA perihal pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dalam surat ini, tertulis pula ancaman sanksi dari FIFA yang bisa dijatuhkan kepada Indonesia

 

<p>Rilis FIFA terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023</p>

Video Populer

Foto Populer