Sukses


Mendapat Surat dari FIFA, Presiden Jokowi Berikan 2 Instruksi Khusus Kepada PSSI

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, menyerahkan surat yang diberikan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Erick Thohir yang juga melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni mendapatkan dua instruksi khusus dari Presiden Jokowi.

Dalam keterangan persnya setelah bertemu Presiden Jokowi, Erick Thohir menyampaikan bahwa dirinya sebagai ketua PSSI mendapatkan dua instruksi khusus terkait dengan surat yang dikirimkan oleh FIFA.

"Membaca surat tersebut, Presiden menginstruksikan saya dua hal: Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA," ujar Erick Thohir dalam keterangannya di Kantor Sekretariat Negara, Jumat (31/3/2023) siang WIB.

Kedua, Jokowi juga meminta Erick Thohir untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Presiden Jokowi tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepak bola dunia.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Jadi Wacana Saja

Erick Thohir terus berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia terjadi, bukan wacana. Erick Thohir juga akan bekerja keras untuk kembali bernegosiasi kepada FIFA menghindari sanksi yang bisa terjadi.

"Dari FIFA sendiri tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi, tapi kalau dilihat dari suratnya, jelas FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Oleh karena itu, Erick saat ini sedang menunggu undangan FIFA setelah mereka melakukan rapat FIFA council. Rencananya, Erick akan kembali bertemu dengan FIFA dalam beberapa hari ke depan.

3 dari 3 halaman

Fasilitas Sudah Bagus

Dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023, enam stadion sudah dipersiapkan dan sudah diinspeksi oleh FIFA. Keenam stadion itu adalah Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Menurut Erick Thohir, fasilitas yang sudah dipersiapkan itu tidak ada masalah. Semua sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah saat masih menyongsong Piala Dunia U-20 2023.

"Kalau melihat fasilitas, saya rasa FIFA sudah bicara. Lapangan yang sebelumnya belum siap, terima kasih kepada pemerintah pusat, bener-benar mempersiapkan lapangan sehingga bisa lolos semuanya," ungkap Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer