Sukses


Mengenal Safira Ika Putri, Bek Tangguh dan Kapten Timnas Putri Indonesia yang Bikin Salfok

Bola.com, Solo - Kapten Timnas Putri Indonesia, Safira Ika Putri, menjadi salah satu pesepak bola perempuan yang cukup populer. Dia kini menjadi salah satu andalan skuad Garuda Pertiwi di ajang Women’s Olympic Football Tournament 2024 Asian Qualifiers Round 1.

Safira Ika Putri juga mendapat kepercayaan penuh dari pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada, untuk tampil sebagai starter ketika menghadapi laga melawan Timnas Putri Lebanon.

Sayangnya, Safira Ika dan kawan-kawan gagal meraih hasil maksimal pada pertandingan ini. Sebab, skuad Garuda Pertiwi harus mengakui keunggulan lawan setelah digasak lima gol tanpa balas.

Meskipun demikian, skuad Garuda Pertiwi masih memiliki satu pertandingan lain untuk mengobati kekalahan ini. Menurut jadwal, pada laga berikutnya Indonesia akan menghadapi China Taipei pada 11 April 2023.

2 dari 5 halaman

Penuh Potensi

Pemain dengan nama lengkap Safira Ika Putri Kartini ini usianya memang masih cukup muda. Perempuan asal Bangka Belitung ini tercatat lahir pada 21 April 2023. Dengan kata lain, usianya belum genap 20 tahun.

Kiprah pemain asal Persis Solo Women ini memang terhitung moncer sejak usia muda. Sebab, Safira Ika sudah merasakan pengalaman internasional sejak bermain bersama Timnas Putri U-16 di ajang Piala AFF Putri U-16 2018.

Setelah itu, kiprahnya berlanjut ketika skuad Garuda Pertiwi diterjunkan pada ajang SEA Games 2019, Kualifikasi Piala Asia Putri 2022, hingga Piala AFF Putri 2022.

Sebelum bergabung dengan Srikandi Sambernyawa, Safira sempat bermain bersama sejumlah klub, mulai dari HBS Persebaya, Persikabo Kartini, hingga Arema FC Putri.

3 dari 5 halaman

Andalan Garuda Pertiwi

Meskipun usianya belum genap 20 tahun, Safira Ika memang sudah menjadi sosok pemimpin bagi Timnas Putri Indonesia. Sebab, ban kapten selalu melingkar di lengan pemain yang berposisi bek kanan ini.

Selain karena parasnya yang cantik, Safira Ika juga identik dengan nomor punggung 13. Angka ini memang sudah melekat kepadanya, baik di level klub maupun tim nasional.

Sejauh ini, Safira juga sudah mencatatkan lebih dari 20 caps bersama skuad Garuda Pertiwi. Semua aksinya itu merentang dari periode 2018 hingga saat ini.

4 dari 5 halaman

Popularitas Tinggi

Safira Ika juga masuk sebagai jajaran pesepak bola putri Indonesia yang memiliki popularitas tinggi di kalangan pecinta kulit bundar, khususnya sepak bola putri.

Hal itu bisa dilihat dari jumlah pengikutnya di media sosial. Sejauh ini, akun Instagram pemain berusia 19 tahun ini sudah menyentuh 588 ribu pengikut.

Selain itu, akun TikTok-nya juga punya pengikut yang cukup melimpah. Dari pantauan Bola.com, akun @Shafiraikaputri13 sudah diikuti sebanyak 353 ribu orang.

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Posisi Persis Solo di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer