Sukses


Catatan Performa Pemain Asing Persebaya di BRI Liga 1 2022 / 2023: Luar Biasa di Putaran Kedua

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya mengakhiri BRI Liga 1 2022/2023 dengan menempati posisi kenam klasemen. Tim asuhan Aji Santoso itu mampu mengumpulkan 52 poin dari 34 pertandingan.

Hasil yang diraih Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 musim ini hanya sedikit lebih buruk ketimbang apa yang mereka dapatkan pada BRI Liga 1 2021/2022. Saat itu Persebaya mengakhiri musim di posisi lima dengan 63 poin.

Namun, apa yang diraih Persebaya Surabaya pada musim ini layak mendapatkan kredit lebih. Sebab, Bajul Ijo bisa dikatakan menghadapi musim dengan kekuatan seadanya.

Tiga pemain asing yang menjadi kunci mereka pada musim lalu dilepas. Tiga pemain asing Persebaya Surabaya yang dimaksud adalah Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Alie Sesay. Bahkan, dua nama terakhir dilepas ke sesama tim BRI Liga 1, PSIS Semarang.

2 dari 5 halaman

Pesona Sho Yamamoto

Persebaya Surabaya cukup cerdas dalam hal rekrutmen pemain asing. Pada musim ini, hampir semua pemain asing mereka mampu tampil prima.

Namun, yang paling menarik perhatian tentu Sho Yamamoto. Dengan kebangsaan dan posisi yang sama dengan Taisei Marukawa, Bonek menaruh harapan tinggi kepadanya.

Apalagi pada awal musim, Sho Yamamoto sempat memberikan sesumbar menarik. Ia ingin mencetak 10 gol dan 10 assist untuk Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023.

Sho Yamamoto hampir memenuhi target itu. Ia mampu mencetak 10 gol dan sembilan assist untuk Persebaya pada musim ini.

 
3 dari 5 halaman

Penampilan Maksimal Lelis

Pada awal musim, Persebaya Surabaya mendatangkan Leo Lelis. Bek asal Brasil itu direkrut untuk menggantikan posisi Alie Sesay yang pindah ke PSIS Semarang.

Kedatangan Leo Lelis sempat memancing pertanyaan. Sebab, pada musim sebelumnya, Lelis memperkuat Persiraja Banda Aceh.

Klub itu tampil begitu buruk sepanjang musim. Mereka menempati posisi juru kunci klasemen akhir BRI Liga 1 2022/2023 dengan catatan kebobolan yang buruk.

Namun, perlahan Leo Lelis tampil lumayan bagus di lini belakang Persebaya. Ia mampu menjadi rekan duet menarik bagi Rizky Ridho.

4 dari 5 halaman

Rekrutan Luar Biasa Putaran Kedua

Higor Vidal sebenarnya tampil apik bersama Persebaya Surabaya pada musim ini. Pemain asal Brasil itu mampu memberi lima assist hanya dari 11 laga saja untuk Bajul Ijo.

Namun, karier Vidal harus terhenti karena cedera. Pada putaran kedua, Persebaya menukar posisi Higor Vidal dengan playmaker asal Portugal, Ze Valente.

Kedatangan Valente bersamaan dengan Paulo Victor. Dua pemain yang datang di putaran kedua itu mampu memberikan warna yang menarik bagi Persebaya Surabaya.

Ze Valente mampu menjadi roh baru lini tengah Persebaya. Sementara Paulo Victor cukup bisa diandalkan di lini depan.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer