Sukses


Resmi! PSSI Batalkan Naturalisasi Justin Hubner

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco), Arya Sinulingga, memastikan PSSI telah membatalkan proses naturalisasi pemain keturunan asal Belanda, Justin Hubner.

Meski Justin Hubner tidak jadi, Arya mengungkapkan bahwa proses naturalisasi dua pemain berdarah Indonesia kelahiran Belanda lainnya, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap dilanjutkan.

"Dari pemain naturalisasi yang kami proses, ada dua pemain yang sudah siap bergabung dengan Timnas Indonesia," ujar Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Arya menjelaskan bahwa proses naturalisasi ketiga pemain itu sempat tertahan di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) karena Hubner meminta persyaratan kepada PSSI.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Arya Sinulingga

"Naturalisasi kedua pemain itu siap kami proses lebih lanjut. Sehingga, wajar prosesnya agak terhambat di Kemensetneg karena ada satu pemain yang masih negosiasi," imbuh Arya.

"Jadi, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk menaturalisasi Hubner karena ada permintaan dari pihak sang pemain yang tidak bisa kami penuhi," ungkap Arya.

Naturalisasi Justin Hubner, Jenner, dan Struick awalnya diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-20 yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

3 dari 5 halaman

Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Namun, Timnas Indonesia U-20 batal menjadi host. Pasalnya, FIFA mencoret Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 gara-gara intervensi pemerintah.

Sebelumnya, tersiar isu bahwa Hubner menginginkan komisi sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp 16 miliar kepada PSSI buat menyelesaikan naturalisasinya demi bisa membela Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Sudah Disetujui DPR

Naturalisasi ketiganya sudah disetujui Rapat Paripurna DPR pada akhir bulan lalu. Proses selanjutnya ialah menerima Surat Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah WNI.

Pada akhir Maret 2023, Hubner juga telah dipanggil Timnas Belanda U-20. Palang pintu berusia 19 tahun itu bermain selama 90 menit ketika beruji coba dengan Timnas Prancis U-20.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer