Sukses


PSSI Batal Naturalisasi Justin Hubner karena Permintaan Bayaran 1 Juta Euro?

Bola.com, Jakarta - Naturalisasi Justin Hubner batal. PSSI memutuskan untuk menghentikan proses pemberian warga negara Indonesia untuk pemain keturunan asal Belanda itu.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan langkah itu diambil pihaknya karena tidak bisa memenuhi permintaan Justin Hubner.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Justin Hubner meminta bayaran sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp16 miliar untuk melanjutkan naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Lantas, apakah benar proses naturalisasi Justin Hubner disetop PSSI karena uang?

"Saya tidak mau berbicara terkait itu," ujar Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Permintaan Justin Hubner Tidak Bisa Dipenuhi PSSI

"Ada permintaan dari pihak Justin yang memang tidak bisa kami penuhi. Jadi, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan proses naturalisasi," jelas Arya.

Meski Justin Hubner tidak jadi, Arya mengungkapkan proses naturalisasi dua pemain berdarah Indonesia kelahiran Belanda lainnya, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap dilanjutkan.

Arya menjelaskan PSSI telah bersurat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) agar proses naturalisasi Jenner dan Struick dapat diselesaikan.

3 dari 5 halaman

Bersurat ke Kemenpora

"Kami sudah bersurat ke Kemenpora, nanti Kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg untuk memproses Jenner dan Struick," jelas Arya.

"Proses naturalisasi keduanya akan kami proses lagi, diurus administrasinya, dan disumpah," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Komisaris PT Telkom itu.

Naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick awalnya diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-20 yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

4 dari 5 halaman

Membela Timnas Belanda U-20

Namun, Timnas Indonesia U-20 batal menjadi host. Pasalnya, FIFA mencoret Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Naturalisasi ketiganya sudah disetujui Rapat Paripurna DPR pada akhir bulan lalu. Proses selanjutnya ialah menerima Surat Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah WNI.

Pada akhir Maret 2023, Hubner telah dipanggil Timnas Belanda U-20. Palang pintu berusia 19 tahun itu bermain selama 90 menit ketika beruji coba dengan Timnas Prancis U-20.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer