Sukses


PSSI Tetap Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick meski Justin Hubner Batal, Dilantik Setelah Lebaran

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa proses naturalisasi dua pemain keturunan asal Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap dilanjutkan.

PSSI baru saja memutuskan untuk menghentikan prosedur perpindahan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk Justin Hubner.

Arya mengungkapkan bahwa PSSI tidak bisa memenuhi permintaan dari bek Wolverhampton Wanderers U-21 itu, namun tidak menjelaskan syarat yang dimaksud.

PSSI juga sudah bersurat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) demi diteruskan kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk memproses naturalisasi Jenner dan Struick.

2 dari 6 halaman

Bersurat ke Kemenpora untuk Diteruskan ke Kemensetneg

"Kami sudah bersurat ke Kemenpora. Nanti, kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg untuk memproses Jenner dan Struick agar diurus administrasi dan disumpah," ujar Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Sebelumnya, naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick telah disetujui di Rapat Paripurna DPR RI pada akhir bulan lalu. Seharusnya, proses selanjutnya ialah penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

3 dari 6 halaman

Dilantik Sesudah Lebaran

"Kami harus membuat surat pemberitahuan lagi sebab awalnya kan tiga pemain, tapi satu pemain tidak jadi," tutur Arya.

Lantas, kapan Jenner dan Struick akan diambil sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan dilantik sebagai WNI? "Kemungkinan dilantik setelah Lebaran," imbuh Arya. Hari Raya Idulfitri 1444 Hijirah kemungkinan akan jatuh pada 22-23 April 2023.

4 dari 6 halaman

Awalnya Diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-20

Naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick awalnya diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-20 yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Namun, Timnas Indonesia U-20 batal menjadi host. Sebab, FIFA mencoret Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 gara-gara intervensi pemerintah.

5 dari 6 halaman

Justin Hubner Batal

"Naturalisasi kedua pemain itu siap kami proses lebih lanjut. Sehingga, wajar prosesnya agak terhambat di Kemensetneg karena ada satu pemain yang masih negosiasi," imbuh Arya.

"Jadi, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk menaturalisasi Hubner karena ada permintaan dari pihak sang pemain yang tidak bisa kami penuhi," ungkap Arya.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer