Sukses


Kekaguman Boaz Solossa pada Ilham Jayakesuma: Tidak Cepat tetapi Positioning Luar Biasa!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia pernah memiliki beberapa duet striker yang tajam. Salah satu duet terbaik bisa dikatakan hadir di skuad Garuda yang berlaga di Piala AFF 2004.

Duet striker Timnas Indonesia saat itu diisi Ilham Jayakesuma dan Boaz Solossa. Dua pemain itu memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Boaz Solossa memiliki karakter permainan yang cepat. Bochi juga dianugerahi kemampuan olah bola yang luar biasa. Kemampuan distribusi bola yang dimiliki Boaz Solossa pun luar biasa.

Ilham Jayakesuma tak memiliki kemampuan yang dimiliki Boaz. Namun, legenda Persita Tangerang itu dianugerahi dengan kemampuan penempatan posisi alias positioning yang sangat baik. Hal itu diakui oleh Boaz Solossa.

"Saya pertama ketemu dengan Ilham, orang ini tidak punya kecepatan tapi dia pintar menepatkan posisi," ujar Boaz Solossa di kanal Youtube Sport77 Official.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Layak Jadi Topscorer

Ilham Jayakesuma tampil hebat di Piala AFF 2004. Penyerang kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu menjadi top scorer Piala AFF 2004 dengan tujuh gol.

Boaz Solossa merasa tugasnya di Timnas Indonesia jauh lebih mudah saat ada Ilham di sana. Umpan yang ia berikan hampir selalu bisa diterima oleh Ilham.

"Di mana pun saya kasih bola pasti sudah ada Ilham di situ, makanya di jadi top scorer," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saran dari Elie Aiboy

Selain Ilham Jayakesuma dan Boaz Solossa, Timnas Indonesia pada Piala AFF 2004 masih memiliki penyerang hebat satu lagi dalam diri Elie Aiboy.

Boaz Solossa pun memaparkan peran penting yang dilakukan Elie Aiboy. Eks pemain Persija Jakarta itu mampu memberikan saran yang baik kepadanya.

"Beberapa minggu persiapan saya sudah tahu. Saya juga sering ngobrol sama kakak Elie Aiboy, dari dia saya dapat saran bagaimana harus umpan ke striker," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer