Sukses


Alexandre Polking Dirumorkan Jadi Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Begini Respons Erick Thohir

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, buka suara mengenai rumor Alexandre Polking yang akan didapuk sebagai pengganti Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Erick menyebut rumor itu sebagai bentuk psywar untuk Indonesia jelang SEA Games 2023.

Pelatih Thailand, Alexandre Polking, dikaitkan dengan Timnas Indonesia dalam sepakan terakhir. Rumor itu berembus setelah Park Hang-seo yang lebih dulu dikaitkan sebagai kandidat pengganti Shin Tae-yong.

Maklum, Shin Tae-yong menyisakan kontrak sampai Desember 2023. Namun, Erick Thohir membantah akan kebenaran dari rumor Alexandre Polking ke Timnas Indonesia.

"Tanya ke Thailand. Sama seperti dulu kita dibilang ada pendekatan ke pelatih Vietnam ya tanya Vietnam. Jangan-jangan ini psywar jelang SEA Games suipaya kita dipecah belah sebagai bangsa," kata Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Beri Imbauan

Erick Thohir pun mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak termakan proganda seputar pergantian pelatih Timnas Indonesia. Menurut Erick, rumor-rumor yang muncul untuk menggantikan Shin Tae-yong merupakan cara agar Timnas Indonesia gagal berprestasi.

"Jangan termakan propaganda dari negara lain yang tidak menginginkan timnas kita berprestasi. Itu bisa mengganggu pembicaraan kita dengan para pelatih," ucap Erick Thohir.

"Sama pelatih kita saling diadu. Padahal, kan saya sudah jelaskankan dan sudah ada kesepakatan karena kemarin ada U-20. Coach Shin fokus ke U-20 sehabis itu Asian Games karena ini bersamaan kemarin, U-20 dan SEA Games," tegas Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Gelar Pertemuan

Sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan Ketua PSSI, Erick Thohir, akan bertemu dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada pekan ini.

Erick Thohir bakal membicarakan banyak topik dengan Shin Tae-yong, termasuk kemungkinan membahas masa depan arsitek berkebangsaan Korea Selatan itu di Timnas Indonesia.

"Pak Ketua PSSI akan bertemu dengan Shin Tae-yong pada pekan ini. Nanti, semuanya akan diomongkan dalam pertemuan itu," ucap Arya.

4 dari 4 halaman

Masih Tanda Tanya

Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia menjadi tanda tanya pasca-pergantian kepemimpinan PSSI dari Mochamad Iriawan ke Erick Thohir pada Februari 2023.

Di era Iriawan, PSSI berencana memperpanjang kontrak Shin Tae-yong pada September 2022 setelah menilai kinerja, performa, dan masukan dari netizen.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia memang segera habis. Tanggung jawab juru taktik berusia 52 tahun itu di Tim Garuda tinggal tersisa tujuh bulan lagi atau sampai Desember 2023.

Video Populer

Foto Populer