Sukses


Alexandre Polking Dikaitkan dengan Timnas Indonesia, Thailand Ketar-Ketir dan Siapkan Kontrak Baru

Bola.com, Bangkok - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mulai resah dengan banyaknya rumor yang mengaitkan tentang masa depan Alexandre Polking. FAT berencana segera memperpanjang masa bakti dari pelatih asal Brasil itu.

Kontrak Alexandre Polking bersama Timnas Thailand sejatinya masih berlangsung sampai 31 Desember 2023. Namun, Polking mulai dikaitkan dengan klub lokal Vietnam hingga Timnas Indonesia.

Presiden FAT, Somyot Poompanmoung, mengakui pihaknya bersepakat untuk memperpanjang masa bakti Alexandre Polking. Namun, proses peresmian belum bisa dilakukan karena masih berdiskusi dengan sejumlah pihak.

"Mano sudah mengirimkan pesan untuk memberitahu, dia siap bekerja dengan Federasi Sepak Bola Thailand dan dengan percaya diri untuk mencapai hasil bagus di Piala Asia awal tahun depan," kata Somyot Poompanmoung seperti dikutip Soha.

2 dari 4 halaman

Tergantung Madam Pang

Nasib pelatih Alexandre Polking disebut bergantung pada manajer Thailand, Nuanphan Lamsam. Namun, Somyot Poompanmoung optimitis proses perpanjangan kontrak akan dilakukan sesegera mungkin.

"Mengenai kontrak, kami akan membicarakan lebih lanjut dengan Ibu Nuanphan Lamsam. Proses pengerjaan baru saja ditunda karena festival Songkran, akan tetapi semuanya akan segera dilaksanakan," tegas Somyot Poompanmoung.

Alexandre Polking sudah menukangi Thailand sejak 2021. Sejauh ini, Polking berhasil mempersembahkan dua trofi Piala AFF untuk skuad Gajah Perang.

3 dari 4 halaman

Respons Erick Thohir

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, buka suara mengenai rumor Alexandre Polking yang akan didapuk sebagai pengganti Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Erick menyebut rumor itu sebagai bentuk psywar untuk Indonesia jelang SEA Games 2023.

Rumor itu berembus setelah Park Hang-seo yang lebih dulu dikaitkan sebagai kandidat pengganti Shin Tae-yong yang kontraknya tersisa sampai Desember 2023. Namun, Erick Thohir membantah akan kebenaran dari rumor tersebut.

"Tanya ke Thailand. Sama seperti dulu kita dibilang ada pendekatan ke pelatih Vietnam ya tanya Vietnam. Jangan-jangan ini psywar jelang SEA Games suipaya kita dipecah belah sebagai bangsa," kata Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Beri Imbauan

Erick Thohir pun mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak termakan proganda seputar pergantian pelatih Timnas Indonesia. Menurut Erick, rumor-rumor yang muncul untuk menggantikan Shin Tae-yong merupakan cara agar Timnas Indonesia gagal berprestasi.

"Jangan termakan propaganda dari negara lain yang tidak menginginkan timnas kita berprestasi. Itu bisa mengganggu pembicaraan kita dengan para pelatih," ucap Erick Thohir.

"Sama pelatih kita saling diadu. Padahal, kan saya sudah jelaskankan dan sudah ada kesepakatan karena kemarin ada U-20. Coach Shin fokus ke U-20 sehabis itu Asian Games karena ini bersamaan kemarin, U-20 dan SEA Games," tegas Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer