Sukses


Canggihnya 3 Stadion yang Digunakan untuk Pertandingan Sepak Bola SEA Games 2023: Berasa di Eropa!

Bola.com, Jakarta - Meski prestasi sepak bola Kamboja belum bisa dibilang cemerlang di level Asia Tenggara, negara berjulukan Land of Khmer itu memiliki stadion-stadion yang vibes-nya mirip di Eropa sana, lho!

Pada SEA Games 2023, akan ada tiga stadion yang digunakan selama fase grup dan gugur. Ketiganya adalah Stadion Nasional Morodok Techo, Stadion Olimpiade dan Stadion Visakha.

Tiga stadion tersebut berlokasi di Phnom Penh, ibu kota Kamboja. Grup A menggunakan Olympic Stadium, sedangkan Grup B digelar di Stadion Visakha.

Adapun Stadion Nasional Morodok khusus dipergunakan untuk babak semifinal, final, dan perebutan peringkat tiga SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola. Seperti apa kecanggihannya?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Olympic Stadium

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by cambodia2023 (@cambodia_2023)

Olympic Stadium Phnom Penh atau Stadion Olimpiade merupakan kompleks olahraga, mirip seperti Senayan, di mana ada banyak venue selain lokasi pertandingan sepak bola.

Stadion Olimpiade sudah ada sejak 1964 dengan kapasitas mencapai 50ribu tempat duduk. Meski namanya Stadion Olimpiade, venue ini tidak pernah digunakan untuk keperluan Olimpiade.

Stadion ini berlokasi di jantung kota Phnom Penh dikelilingi gedung-gedung tinggi. Struktur bangunannya mungkin tak semodern Morodok Stadium, tetapi mampu menampung banyak penonton.

Di area Stadion Olimpiade, terdapat fasilitas olahraga lainnya, seperti kolam renang hingga lapangan voli. Pada SEA Games 2023, beberapa cabor juga dipertandingan di komplek Stadion Olimpiade.

 

3 dari 4 halaman

Stadion Visakha

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by cambodia2023 (@cambodia_2023)

Jika Olympic Stadium digunakan untuk pertandingan fase Grup A, maka Stadion Visakha disiapkan sebagai venue Grup B. Thailand, Malaysia, Laos, Vietnam, dan Singapura akan merasakan sensasi di stadion ini.

Seperti namanya, Stadion Visakha merupakan markas tim raksasa Kamboja, Visakha FC. Stadion berkapasitas 10ribu penonton ini dimiliki dan dikelola oleh swasta.

Jangan terkecoh dengan minimnya kapasitas stadion, sebab fasilitas di Stadion Visakha FC sangat istimewa. Seluruh tempat duduknya sudah single seat, dengan kekuatan lampu sesuai standar FIFA, yakni 1500 lux.

Stadion yang diresmikan pada 2019 ini juga memiliki fitur top lainnya seperti ruang sauna, pemanasan di kamar ganti pemain, hingga tempat pijat.

 

4 dari 4 halaman

Stadion Nasional Morodok Techo

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by cambodia2023 (@cambodia_2023)

Stadion Nasional Morodok Techo bisa dibilang sebagai main event selama SEA Games 2023. Mirip seperti Stadion Olimpiade, venue yang diresmikan pada 2021 ini juga dikelilingi oleh gelanggang olahraga lainnya.

Sejumlah cabor seperti atletik bakal dihelat di stadion ini. Stadion Nasional Morodok Techo berkapasitas 60ribu tempat duduk, seluruhnya single seater, dan sudah dipakai untuk hajatan Piala AFF U-23 2022.

Keunikan utama dari stadion ini adalah bentuknya yang mirip kapal layar. Tentu ada konsepnya, di mana erat dengan sejarah Kamboja itu sendiri yang berlokasi di perairan semenanjung China.

Pada SEA Games 2023, Stadion Nasional Morodok Techo akan digunakan untuk babak semifinal, final (emas dan perak), dan perebutan posisi tiga (perunggu).

Video Populer

Foto Populer