Sukses


Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Filipina di SEA Games 2023: Menanti Kepak Sayap Garuda Terbang Tinggi di Laga Perdana

Bola.com, Phnom Penh - Timnas Indonesia U-22 memulai kiprahnya di Grup A sepak bola SEA Games 2023 dengan menghadapi Filipina di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Laga perdana selalu menjadi tolok ukur untuk memotivasi langkah selanjutnya.

Bicara pertemuan di SEA Games, kedua tim pernah 9 kali berhadapan. Catatannya tentu menjadi milik Timnas Indonesia yang sudah tercatat meraih delapan kemenangan.

Sementara satu laga lain berakhir imbang, yaitu pada SEA Games 1977, di mana kedua tim berbagi nilai sama setelah bermain imbang 1-1.

Sayap kanan Timnas Indonesia U-22, Witan Sulaeman berlari mengejar bola dalam sesi latihan di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (28/4/2023) menjelang laga pertama SEA Games 2023 menghadapi Filipina. (Dok. PSSI)

Terlepas dari hasil pertemuan dalam sejarah SEA Games, Timnas Indonesia U-22 kali ini tentu tak boleh menganggap remeh Filipina yang dalam beberapa tahun terakhir juga termasuk tim yang cukup memberikan perlawanan.

"Indonesia fokus bagaimana bisa melalui pertandingan per pertandingan untuk bisa lolos di grup," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers di Phnom Penh, Jumat (28/4/2023) siang WIB.

"Saya tidak bisa banyak berkomentar teknis tentang Filipina. Namun, hampir semua tim, seperti Timor Leste dan Kamboja, bagi Indonesia adalah lawan-lawan yang harus direspons secara baik," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-22 itu.

2 dari 6 halaman

Punya Skuad yang Mumpuni

Bisa dibilang, Indra Sjafri sudah memanggil pemain terbaik di Liga 1 untuk SEA Games kali ini. Kedalaman skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 sangat bagus.

Mayoritas pemain yang dipanggil punya jam terbang di Liga 1, seperti Ramadhan Sananta, M. Ferrari, Ernando Ari, Fajar Faturrohman, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Bagas Kaffa dan masih banyak nama lainnya.

Artinya, para pemain muda yang dibawa bukan sekedar pelengkap di klub, tetapi juga pemain penting. Dengan begitu, secara mental dan pengalaman, mereka punya modal bermain di SEA Games.

Selain itu, ada gelandang yang kini berkiprah di Liga Belgia, Marselino Ferdinan. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu jadi salah satu kunci serangan Timnas Indonesia U-22. Selain jadi roh permainan, Marselino bisa jadi pemecah kebuntuan.

Kemudian ada pula Ramadhan Sananta dan Titan Agung di lini depan yang akan menjadi andalan untuk mencari gol-gol bagi Tim Garuda Muda.

Keduanya sudah memperlihatkan performa yang bagus, masing-masing untuk PSM Makassar dan Bhayangkara FC, dan kini saatnya membuktikannya bersama Timnas Indonesia U-22.

3 dari 6 halaman

Tantangan Filipina untuk Bisa Lolos ke Semifinal

Sementara itu, Filipina datang ke SEA Games 2023 dengan tekad bisa melangkah ke semifinal sebagai target awal. Harus menghadapi Timnas Indonesia U-22 di laga pertama Grup A, sang pelatih, Rob Gier, menyebutnya sebagai tantangan bagi tim asuhannya.

"Seperti yang saya katakan, ada sedikit tekanan bagi kami. Namun, kami harus memastikan dan mencoba untuk keluar dari grup tersebut," kata Rob Gier seperti dikutip Tiebreaker Times.

"Itulah tantangan saya kepada para pemain. Mari kita pastikan untuk mencoba keluar dari grup tersebut," lanjutnya.

 

4 dari 6 halaman

Banyak Pemain Baru, tapi Optimistis

Pelatih Rob Gier menyebut Filipina datang ke SEA Games 2023 bermodalkan pemain berkualitas. Bahkan ia juga memanggil bek muda Atletico Madrid, Santiago Rublico, ke SEA Games 2023.

Menariknya, cukup banyak pemain yang baru mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Filipina U-22, di mana hanya ada delapan pemain yang pernah memperkuat tim tersebut sebelumnya.

Namun, Rob Gier optimistis timnya bisa bersaing dengan Timnas Indonesia U-22 dan kontestan lain.

"Ini adalah skuad yang dihuni pemain bagus. Ini sangat bagus dan akan menyulitkan untuk memangkas skuad yang ada karena mereka luar biasa," ucap Rob Gier.

"Mereka telah menunjukkan semua yang saya coba instruksikan. Mereka telah bekerja sangat keras dan telah memberikan segalanya. Jadi, saya sangat senang," lanjutnya.

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Ernando Ari (kiper); Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan (belakang); Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Beckham Putra (tengah); Irfan Jauhari, Jeam Kelly Sroyer, Ramadhan Sananta (depan).
  • Pelatih: Indra Sjafri
  • Timnas Filipina U-22 (4-2-3-1): Quincy Kammeraad; Yrick Gallantes, Santiago Rublico, David Setters, Kamil Amirul; Dennis Chung, Dov Carino; Lance Ocampo, Jacob Pena, Jaime Sacopon; Pocholo Bugas
  • Pelatih: Rob Gier

Prediksi Bola.com: Timnas Indonesia U-22 60-40 Timnas Filipina U-22

6 dari 6 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer