Sukses


Mengulas Filipina U-22, Lawan Pertama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023: Ada Pemain Atletico Madrid

Bola.com, Jakarta - Timnas Filipina U-22 akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-22 di Grup A sepak bola SEA Games 2023 di Stadion Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Meski tergolong baru berkumpul, tim asuhan Rob Gier ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

Bicara mengenai penampilan di SEA Games, Timnas Filipina memang bukan kekuatan yang kerap diwaspadai.

Sejak SEA Games menerapkan aturan tim U-23 pada 2001, Young Azkals tercatat hanya enam kali tampil di SEA Games dan tak pernah sekalipun lolos ke semifinal.

Catatan tersebut tentu memberikan motivasi tersendiri bagi tim asuhan Rob Gier untuk membuat gebrakan pada SEA Games 2023. Filipina punya target untuk bisa lolos dari adangan empat tim lain di Grup A dan lolos ke semifinal.

"Saya pikir ini adalah grup yang bagus. Jika kami bisa memilih grup, mungkin grup yang seperti ini. Jadwalnya juga sudah teratur," ujar Rob Gier dinukil dari media Filipina, Tiebreaker Times.

"Ada banyak tekanan kepada kami. Kami perlu memastikan untuk lolos dari grup ini. Inilah tantangan dari saya kepada para pemain. Mari mencobanya," ungkap mantan kapten Timnas Filipina di Piala AFF 2014 itu.

2 dari 5 halaman

Baru Terbentuk, Siap Hadapi Tantangan

Untuk bisa melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2023, bisa dipastikan perjalanan Young Azkals tidak akan mudah. Apalagi persiapan mereka terbilang sangat singkat, di mana mereka baru berlatih di Manila pada 16 April 2023.

Namun, Rob Gier tetap optimistis dengan skuad yang dimilikinya. Ia bahkan sempat mengaku kesulitan untuk memangkas jumlah pemain hingga mendapatkan 20 nama yang berangkat ke Kamboja untuk berlaga menghadapi Indonesia, Myanmar, Timor Leste, dan tentunya tuan rumah Kamboja.

"Ini sekelompok pemain yang bagus. Mereka telah bekerja keras dan mereka sudah memberikan segalanya untuk saya, jadi tentu saya sangat senang," tegas sang pelatih.

 

3 dari 5 halaman

13 Pemain Azkals Development Team

Dari 20 pemain yang dibawa oleh Rob Gier untuk berkiprah di sepak bola SEA Games 2023, hanya ada tujuh pemain yang sudah pernah tampil membela Timnas Filipina U-22.

Sisanya adalah pemain yang baru akan menjalani debut, termasuk pemain berusia 17 tahun milik Atletico Madrid, Santiago Rublico.

Namun, itu bukan masalah, di mana 13 pemain di antaranya adalah mereka yang tergabung dalam Azkals Development Team yang dibentuk oleh Federasi Sepak Bola Filipina (PFF).

Azkals Development Team adalah sebuah tim yang jugaf berkompetisi di Philippines Football League untuk memastikan para pemain muda mendapatkan menit bermain yang cukup demi tujuan membentuk tim nasional yang kuat.

Selain itu juga ada Quincy Kammeraad, kiper muda klub Filipina, Kaya-Iloilo yang pernah menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia U-19 kala masih membela Filipina U-19 bebereapa tahun lalu. Quincy kini sudah berkembang menjadi kiper utama Filipina di kategori U-23.

4 dari 5 halaman

Ditangani Mantan Kapten Azkals yang Pernah Bobol Gawang Timnas Indonesia

Rob Gier bukanlah nama asing bagi sepak bola Filipina dan juga Asia Tenggara. Pelatih kelahiran Inggris berusia 42 tahun itu merupakan mantan pemain Timnas Filipina pada peride 2009 hingga 2015.

Rob Gier bahkan diplot sebagai kapten Filipina di Piala AFF 2014, di mana ia mencetak gol terakhir The Azkals saat menang 4-0 atas Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2014 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Gol tersebut menjadi memori manis sang pelatih ketika masih aktif sebagai pemain Timnas Filipina. Kini, tentu Rob Gier ingin bisa kembali menorehkan hasil manis ketika tim asuhannya berhadapan dengan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

5 dari 5 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer