Sukses


Timnas Indonesia U-22 Vs Filipina di SEA Games 2023: Beto Ingatkan Laga Perdana Selalu Tak Mudah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 memulai perjuangan di SEA Games 2023. Tergabung di Grup A, Garuda Muda ditantang Filipina di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore WIB.

Kemenangan di laga perdana sangat penting bagi Indonesia. Sekaligus menjadi tolok ukur penampilan tim besutan Indra Sjafri tersebut pada pertandingan berikutnya.

Menilik rekor pertemuan, Timnas Indonesia U-22 punya rapor bagus saat berjumpa The Azkals di SEA Games. Dari sembilan pertemuan, delapan laga di antaranya dimenangkan Indonesia, sedangkan sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Meski begitu, Indonesia tidak boleh menganggap remeh sang calon lawan. Indra Sjafri ingin pasukannya tetap fokus.

"Indonesia fokus bagaimana bisa melalui pertandingan per pertandingan untuk bisa lolos di grup," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers di Phnom Penh, Jumat (28/04/2023) siang WIB.

"Saya tidak bisa banyak berkomentar teknis tentang Filipina. Namun, hampir semua tim, seperti Timor Leste dan Kamboja, bagi Indonesia adalah lawan-lawan yang harus direspons secara baik," sambungnya.

 

2 dari 5 halaman

Laga Perdana Selalu Tak Mudah

Menghadapi Filipina, Indonesia diprediksi tak akan menemui kesulitan berarti pada laga nanti. Kendati demikian, laga perdana selalu tak mudah bagi setiap tim. Termasuk Timnas Indonesia U-22.

Hal ini diungkapkan mantan striker Timnas Indonesia asal Brasil, Beto Goncalves. Beto mewanti-wanti Garuda Muda untuk tak terlalu percaya diri, apalagi menganggap remeh lawan.

"Enggak mungkin mudah apalagi laga pertama, semua hal baru buat mereka dan butuh adaptasi dengan turnamen ini," ujar Beto Goncalves kepada Bola.com Sabtu (29/4/2023) pagi.

"Saat mulai mereka masih nervous karena game pertama. Yang paling penting yakin saja dan semoga bisa lancar semuanya buat Timnas kita," lanjut pemain Madura United itu.

 

 

3 dari 5 halaman

Perbaiki Mental Bertanding

Satu hal yang paling penting dimiliki Timnas Indonesia adalah mental bertanding. Mental menjadi faktor penting sebuah tim tampil maksimal saat menjalani pertandingan.

"Saya pikir Coach Indra harus kerja mental mereka karena pemain sudah cukup lama latihan dan secara teknik mereka sudah bagus. Jadi cuma mental saja karena selalu saya katakan mental Indonesia itu memang sedikit kurang," katanya.

"Mereka sudah punya kualitas, kalau mental kuat dan enggak takut kalah, takut bermain, atau takut salah pasti bisa. Semoga mereka bisa main bagus. Kontrol mental dan yakin bisa menang saya pikir bisa," ucap Beto.

 

 

4 dari 5 halaman

Yakin

Indra Sjafri memboyong 20 pemain terbaik ke SEA Games edisi kali ini. Kedalaman skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 juga bagus.

Mayoritas pemain yang dipanggil punya jam terbang di Liga 1. Sebut saja Ramadhan Sananta, Muhammad Ferrari, Ernando Ari, Fajar Faturrohman, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Bagas Kaffa dan masih banyak nama lainnya.

Selain itu, Indonesia juga melakukan persiapan matang. Indra Sjafri telah menggembleng pasukannya lewat pemusatan latihan selama beberapa bulan terakhir.

"Saya doakan Timnas bisa sukses di SEA Games tahun ini. Apalagi sudah lama sekali kita tidak meraih medali emas di SEA Games," pungkas Beto Goncalves.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

29 April 2023

  • Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Filipina U-22
  • Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh
  • Kick-off 16.00 WIB

4 Mei 2023

  • Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Myanmar U-22
  • Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh
  • Kick-off 16.00 WIB

7 Mei 2023

  • Timnas Myanmar U-22 Vs Timnas Indonesia U-22
  • Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh
  • Kick-off 16.00 WIB

10 Mei 2023

  • Timnas Kamboja U-22 Vs Timnas Indonesia U-22
  • Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh
  • Kick-off 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer