Sukses


Rio Fahmi Ungkap Tantangan yang Dihadapi pada Laga Perdana Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Ilham Rio Fahmi tampil apik pada laga perdana Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Rio berperan besar pada kemenangan 3-0 yang diraih Garuda Muda atas Timnas Filipina U-22, Sabtu (29/4/2023) petang WIB.

Pada laga itu, Rio Fahmi yang dimainkan di posisi bek kanan mampu menyumbangkan dua assist untuk Marselino Ferdinan dan Muhammad Fajar Faturrahman.

Rio Fahmi tampil selama 90 menit penuh. Ia pun cukup bisa diandalkan untuk menahan gempuran para pemain Timnas Filipina U-22.

Rio Fahmi pun bersyukur dengan kemenangan itu. Laga perdana yang berat bisa dilewati dengan kemenangan.

"Alhamdulillah laga pertama kami di SEA Games tahun ini bisa kami lewati dengan kemenangan," kata Rio dikutip dari situs resmi Persija Jakarta.

2 dari 5 halaman

Tak Mudah

Rio Fahmi membeberkan beberapa kendala yang dialami Timnas Indonesia U-22 pada laga perdana melawan Timnas Filipina U-22, Sabtu (29/4/2023).

"Kami tahu setiap laga di sebuah kompetisi tidak pernah mudah. Laga melawan Filipina pun sangat panas," jelasnya.

Cuaca kota Phnom Penh pada laga tersebut memang sangat panas. Bahkan, suhu udara yang ada di sekitaran Stadion Olimpiade Phnom Penh bahkan mencapai 38 derajat celcius.

"Pada babak pertama kami bermain dengan suhu 38 derajat celcius. Jadi kami sempat bermain kurang maksimal. Namun alhamdulillah kami mampu menambah dua gol di babak kedua,” jelasnya.

3 dari 5 halaman

Senang dengan Assist

Dua assist yang diberikan Rio Fahmi pada laga tersebut terjadi dengan cara yang mirip. Ia melepaskan umpan silang dari sisi kiri perahanan TImnas Filipina U-22.

Rio Fahmi pun senang dengan dengan dua assist itu. Namun, peraih gelar pemain muda terbaik di BRI Liga 1 2022/2023 itu tak mau terlalu larut dalam perasaan bahagia.

“Saya senang bisa membantu teman saya mencetak gol dari dua assist yang saya berikan. Namun saya tidak mau terlarut dengan itu," ujarnya.

Meski demikian, Rio Fahmi menggarisbawahi, kemenangan yang diraih Timnas Indonesia U-22 atas Filipina tak diraih karena kinerja individu saja.

"Kemenangan Indonesia atas Filipina buat saya bisa terjadi karena kerja sama dan kerja keras seluruh pemain,” jelasnya.

4 dari 5 halaman

Belum Selesai

Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Timnas Filipina U-22. Kini skuad asuhan Indra Sjafri ada di posisi kedua klasemen sementara Grup A.

Tugas Timnas Indonesia U-22 di babak grup SEA Games 2023 belum selesai. Masih ada tiga laga lain yang harus dihadapi Garuda Muda. Hal itu pun disadari oleh Rio Fahmi.

“Walaupun kami meraih tiga poin di laga pertama ini, tentu saja kami masih memiliki banyak hal yang harus dievaluasi. Perlu diingat, kemenangan ini baru saja permulaan bagi Timnas di ajang SEA Games. Insyaallah kami akan terus fokus untuk laga selanjutnya.” kata Rio.

5 dari 5 halaman

Liputan Ekslusif SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer