Sukses


Netizen Sayangkan Insiden Terbaliknya Bendera Indonesia dalam Rangkaian Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja: Cari Gara-gara Nih!

Bola.com, Phnom Penh - Ada kejadian yang kurang mengenakkan pada acara pembukaan SEA Games 2023. Pada acara yang dimulai sejak Jumat (5/5/2023 petang WIB. Ada kejadian di mana bendera Indonesia yang terbalik. 

Insiden itu terjadi sebelum acara utama pembukaan SEA Games 2023 dimulai. Bendera Indonesia yang seharusnya berwarna merah putih dipasang terbalik oleh panitia.

Bendera itu dibawa oleh para penari yang mengiringi para penyanyi yang sedang beraksi di Stadion Morodok Techo.

Kejadian itu memgingatkan kita pada apa yang terjadi di SEA Games 2017. Saat itu yang terjadi bahkan cukup parah. Bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan yang diberikan kepada tamu undangan.

Kejadian terbaliknya bendera Indonesia pada acara pembukaan SEA Games 2023 ini memancing reaksi netizen di media sosial Twitter. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Padahal Tetangga

Netizen dengan akun @FakboyNumber menyanyangkan bagaimana negara ASEAN justru tak mengenal satu sama lain. Hal itu terbukti dari terbaliknya bendera Indonesia di acara pembukaan SEA Games 2023. 

"Kembali bendera Indonesia terbalik di acara SEA Games. Ini negara ASEAN enggak kenal bendera Indonesia apa ya, padahal tetangga," keluh netizen dengan akun FakboyNumber.

3 dari 4 halaman

Mencari Gara-gara

Sementara akun Twitter @Hans_r21 juga menyayangkan kejadian terbaliknya bendera Indonesia itu. Ia bahkan menyebut tuan rumah SEA Games 2023 mencari gara-gara.

"Bendera Indonesia terbalik begini ya, padahal opening SEA Games loh, nyari gara-gara," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Satu Noda

Akun lain dengan nama @Sandi1750 memuji bagaimana Kamboja melangsungkan acara pembukaan SEA Games 2023. Ia merasa negara tersebut berhasil memadukan budaya lokal dengan teknologi.

Namun, acara pembukaan tersebut harus memiliki satu noda kecil yakni adanya insiden bendera Indonesia yang terbalik.

"Canggih juga ya Kamboja, perpaduan budaya lokal dan teknologi di pembukaan SEA Games 2023 ini mantep. Sayang, bendera terbalik," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer