Sukses


Sempat Dihujat karena Tinggalkan Sekolah, Hokky Caraka Akhirnya Lulus SMA

Bola.com, Sleman - Kabar bahagia datang dari penyerang muda PSS Sleman, Hokky Caraka. Pemain Timnas Indonesia U-20 itu baru saja merampungkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman.

Hokky mengunggah momen kelulusan di akun Instagram pribadi @hokkycaraka_. Dalam unggahan tersebut dia memposting sejumlah foto dengan caption kalimat motivasi atas keberhasilan menuntaskan studi.

"Mengorbankan bukan meninggalkan. Happy graduation Hokky," tulis Hokky Caraka pada Sabtu (6/5/2023) sore WIB.

 

2 dari 5 halaman

Sempat Dihujat

Ungkapan Hokky tersebut seolah ingin membungkam segala kritik dan hujatan yang dialamatkan kepada dirinya beberapa waktu lalu.

Ya, Maret 2023 memang menjadi bulan yang tidak bersahabat bagi Hokky Caraka. Selain gagal tampil di Piala Dunia U-22, Hokky Caraka juga menjadi sasaran empuk hujatan netizen.

Penyebabnya karena statement yang ia utarakan di akun Instagram-nya. Saat itu, dia meluapkan kekecewaan atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

 

3 dari 5 halaman

Tinggalkan Sekolah

Tidak hanya itu. Ada satu hal yang tak kalah menghebohkan yakni ketika Hokky mengaku sudah tiga tahun meninggalkan bangku sekolah karena sepak bola.

Hal tersebut disampaikan Hokky Caraka saat diundang dalam sebuah acara di Kompas TV. Dalam acara itu, dia mencurahkan segala kegelisahan seandainya sepak bola Indonesia di-banned FIFA.

"Saya sendiri tiga tahun sudah meninggalkan sepak bola demi Indonesia. Jadi, kalau beneran ini di-banned saya tidak punya apa-apa, tidak punya bekal untuk menjadi profesi apalah itu,” ujar Hokky Caraka.

"Soalnya memang selama tiga tahun cuma ngerjain tugas terus, enggak tahu bagaimana isinya pelajaran gitu," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Dicoret dari skuad SEA Games 2023

Hokky Caraka sejatinya ikut dipanggil Timnas Indonesia U-22 untuk menjalani pemusatan latihan jelang SEA Games. Namun, pelatih Indra Sjafri mencoret namanya dari Tim Garuda Muda jelang penampilan di SEA Games 2023 Kamboja.

Hokky dipulangkan bukan karena tak masuk skema permainan Timnas Indonesia U-22. Tetapi, karena pemain kelahiran 21 Agustus 2004 itu dikabarkan mangkir dari latihan.

 

5 dari 5 halaman

Digantikan Ramadhan Sananta

"Hokky Caraka tidak hadir dalam dua kali latihan, dan kami tidak mengikutsertakan lagi setelah pertandingan uji coba lawan Lebanon," ujar Indra Sjafri di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2023).

Pemain bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Briliant itu kali terakhir bergabung dengan Skuad Garuda Muda, saat laga uji coba kontra Lebanon, Senin (16/4/2023). Sebagai gantinya, Indra Sjafri memanggil bomber PSM Makassar, Ramadhan Sananta.

Video Populer

Foto Populer