Sukses


Piala Asia 2023: Tergabung di Grup Berat, Ilija Spasojevic Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Fase Berikutnya

Bola.com, Denpasar - Undian fase grup Piala Asia 2023, Qatar sudah dilakukan di Katara Opera House, Qatar pada Kamis (11/05/2023).

Hasilnya Timnas Indonesia berada di grup D bersama raksasa Asia Jepang dan Irak. Selain Jepang dan Irak, skuad asuhan Shin Tae-yong berada satu grup dengan wakil Asia Tenggara lainnya, Vietnam.

Berada di grup “neraka” tentu peluang untuk bisa lolos dari fase grup tidak terlalu besar. Namun optimisme dirasakan oleh Ilija Spasojevic.

Penyerang Bali United tersebut masih memiliki keyakinan Timnas Indonesia bisa lolos dari lubang jarum. "Indonesia masih punya peluang untuk lolos dari fase grup di peringkat kedua," beber Spaso pada Jumat (12/05/2023) di Training Center Bali United.

"Jepang tentu semua orang sudah tahu kekuatannya. Mereka raksasa Asia dan langganan di Piala Dunia. Kita semua tahu bagaimana kemampuan Jepang saat Piala Dunia di Qatar kemarin,” tambahnya.

Ia sangat berharap Indonesia bisa berbicara banyak di Piala Asia 2023. Apalagi mengetahui jika 4 tim di posisi ketiga terbaik berhak lolos ke babak 16 besar.

"Sekali lagi, jelas Jepang jadi kandidat yang kuat. Tapi dengan regulasi baru, saya pikir peluang Indonesia masih sangat terbuka,” tegasnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Ada Batu Kripton Bernama Vietnam

Selain Jepang dan Irak yang perlu diwaspadai oleh Timnas Indonesia, Vietnam juga perlu diwaspadai.

The Golden Star, julukan Vietnam bak menjadi batu krypton untuk Indonesia. Indonesia dalam beberapa pertemuan sulit untuk memenangkan pertandingan.

Di dalam lapangan, Indonesia dan Vietnam tidak pernah akur. Selalu saja ada intrik yang mengiringi. Namun Spaso enggan menyebut Vietnam menjadi lawan yang akan sulit dikalahkan oleh Indonesia.

Hal tersebut karena adanya transisi kepelatihan dari Park Hang-seo ke Phillipe Troussier. Kebetulan juga Timnas U-22 akan menghadapi Timnas Vietnam U-22 di laga semifinal SEA Games 2023, Kamboja pada Sabtu (13/5/2023).

“Saya pikir Vietnam yang sekarang, bukan Vietnam yang dulu. Ada transisi kepelatihan. Jepang dan Irak bagus," kata Spaso.

"Indonesia juga saya pikir sudah menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Semakin lama saya merasakan kekompakan dalam tim semakin baik,” lanjutnya. 

 

 

3 dari 3 halaman

Spaso Masih Berharap Dilirik Shin Tae-yong

Kali terakhir Spaso memperkuat Timnas Indonesia, terjadi saat Piala AFF 2022. Saat itu, ia berhasil mencetak 1 gol.

Saat itu ia mencetak 1 gol saat Timnas Indonesia menghajar Brunei Darussalam dengan skor telak 7-0.

Di BRI Liga 1 2022/2023, Spaso juga masih cukup subur dengan mencetak 17 gol dalam 27 pertandingan. Jika ditotal di sejak Liga 1 2017, Spaso juga berhasil mencetak 77 gol.

Ia pun masih begitu berharap dilirik oleh Shin Tae-yong. Caranya adalah dengan bermain baik di setiap pertandingan bersama Bali United.

“Ya saya selalu berharap dan bekerja keras agar bisa masuk serta bermain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia,” tutupnya.

Video Populer

Foto Populer