Sukses


Road to Final Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023: Akhir Penantian 32 Tahun?

Bola.com, Jakarta - Sejak kali pertama Timnas Indonesia mengikuti sepak bola SEA Games pada 1977, Tim Garuda tercatat sudah delapan kali sampai di partai final, termasuk di SEA Games 2023. Namun, dalam delapan kali main di final, Tim Garuda hanya meraih dua medali emas.

Timnas Indonesia hanya pernah menjadi juara dan meraih medali emas pada SEA Games 1987 dan 1991. Selain itu, Tim Garuda hanya meraih lima medali perak.

Keberhasilan Timnas Indonesia meraih dua medali emas pun didapat ketika kompetisi masih menggunakan tim senior. Sementara sejak 2001, di mana tim U-22/U-23 yang bermain, tak sekalipun medali emas diraih oleh Tim Garuda.

Padahal perjalanan Timnas Indonesia kerap manis sejak awal hingga semifinal, seperti yang terjadi pada edisi 2011 dan 2019. Namun, hingga saat ini, belum ada lagi medali emas yang berhasil diraih Tim Garuda Muda di kancah SEA Games.

Sementara pada SEA Games 2023 ini, Timnas Indonesia U-22 tampil begitu cemerlang di fase grup dan berhasil memenangkan semifinal dengan cara yang dramatis. Apakah itu cukup menjadi modal ketika Tim Garuda Muda menghadapi Thailand di laga puncak?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sempurna di Fase Grup, Cetak 13 Gol dan Hanya Kebobolan 1 Gol

Timnas Indonesia U-22 mengawali kiprah di Grup A sepak bola SEA Games 2023 dengan sangat sempurna. Empat kemenangan menjadi milik mereka. Bahkan dalam tiga laga pertama, Tim Garuda Muda selalu mencatatkan clean sheet.

Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Filipina pada laga pertama. Marselino Ferdinan memecah kebuntuan lewat gol pembuka pada menit ke-45. Kemudian Irfan Jauhari dan Fajar Fathurrachman berhasil mencetak gol lagi pada akhir laga.

<p>Selebrasi striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta setelah mencetak gol ketiga Timnas Indonesia U-22 ke gawang Myanmar pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

Kemenangan lebih besar didapatkan Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Myanmar pada laga kedua. Tim Garuda Muda berhasil menang telak 5-0 berkat gol Marselino Ferdinan, Fajar Fathurrahman, Titan Agung, dan dua gol Ramadhan Sananta.

Timor Leste pun menjadi korban ketiga Timnas Indonesia U-22. Lagi-lagi Tim Garuda Muda menang tanpa kebobolan, di mana Fajar Fathurrahman mencetak dua gol, plus satu gol dari Ramadhan Sananta membawa Tim Garuda menang 3-0 dalam laga tersebut.

<p>Selebrasi gelandang Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra (kiri) setelah mencetak gol kedua Timnas Indonesia U-22 ke gawang Kamboja pada laga keempat Grup A SEA Games 2023 di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

Baru pada laga terakhir fase grup, gawang Timnas Indonesia U-22 kebobolan. Hal itu terjadi saat menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga terakhir fase grup.

Timnas Indonesia U-22 menang 2-1 berkat gol Titan Agung dan Beckham Putra Nugraha. Sementara gawang Tim Garuda Muda bobol oleh Sin Sovannmakara.

 

3 dari 5 halaman

Ke Final Setelah Menang Dramatis atas Vietnam

Sebagai juara Grup A sepak bola SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 harus menghadapi runner-up Grup B. Hasilnya, Tim Garuda Muda harus menghadapi Vietnam yang kalah produktif dari Thailand di Grup B.

Pertandingan di semifinal sepak bola SEA Games antara Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam pun berjalan sengit.

Komang Teguh Trisnanda Putra berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 unggul lebih dulu pada menit kesembilan setelah menanduk bola hasil lemparan jauh Pratama Arhan.

Namun, Vietnam berhasil membalas lewat Nguyen Van Tung pada menit ke-36. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Muhammad Ferarri pun berhasil membawa Tim Garuda Muda kembali unggul. Ia hanya membelokkan arah bola sepakan keras Marcelino Ferdinan yang gagal diantisipasi oleh kiper Vietnam.

Para pemain tim Garuda Muda harus kembali berdebar setelah gawang kembali bobol pada menit ke-79. Kali ini gol terjadi karena bunuh diri yang dilakukan Bagas Kaffa.

Namun, Timnas Indonesia U-22 tidak menyerah. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh para pemain tim asuhan Indra Sjafri itu, hingga akhirnya sepakan keras Taufany Muslihuddin pada masa injury time memastikan Timnas Indonesia U-22 menang 3-2 dan lolos ke final.

4 dari 5 halaman

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023

Final sepak bola SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand

Venue: Olympic Stadium, Phnom Penh

Selasa, 16 Mei 2023

Kick-off: 20.30 WIB

Live: RCTI

Streaming: RCTI+

5 dari 5 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer