Sukses


SEA Games 2023: Pertemuan Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand Layak Disebut Final Ideal

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand pada final SEA Games 2023. Bentrok kedua tim digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-22 melenggang ke partai puncak setelah menang 3-2 atas Timnas Vietnam U-22 di babak semifinal. Sedangkan Timnas Thailand U-22 menyingkirkan Timnas Myanmar dengan skor 3-0.

Ini akan menjadi pertemuan keempat Indonesia dan Thailand di final cabor sepak bola SEA Games. Tiga final sebelumnya terjadi pada edisi 1991, 1997, dan 2003.

Pada partai pertama 1991 di SEA Games Filipina, Tim Merah-Putih meraih emas setelah menggilas Thailand lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Gajah Perang lantas membalas di SEA Games 1997 Jakarta. Kala itu mereka juga menang via babak tos-tosan dengan skor 4-2. Yang teranyar, Thailand mempermalukan Indonesia 1-0 di final SEA Games 2013 Myanmar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kans Besar Raih Emas

Bagi pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, ini adalah final keduanya di SEA Games, setelah pada 2019 dikalahkan Vietnam 0-3 di partai puncak. Lantas, seperti apa kans Indonesia untuk memenangi final nanti?

Mantan pemain Barito Putera dan PSIM Yogyakarta, Aditya Putra Dewa melihat kans Indonesia untuk menyegel gelar juara sangat terbuka lebar. Dia yakin, Tim Merah-Putih bisa mengatasi perlawanan Thailand.

"Saya sangat yakin dan dari awal saya sangat yakin dengan Timnas kita karena diisi oleh pelatih serta materi pemain yang sangat berkualitas," ujar Aditya Putra Dewa kepada Bola.com, Senin (15/5/2023) sore.

"Saya yakin puasa medali emas 32 tahun akan berakhir serta Timnas Indonesia kebanggaan kita akan membawa pulang medali emas kali ini," tandasnya.

3 dari 6 halaman

Pantang Menyerah

Untuk bisa mewujudkan target yang dibidik tentu diperlukan kerja keras dari seluruh elemen tim. Aditya Putra Dewa berharap semua pemain dapat mengatasi rasa gugup di laga final. Selain itu, yang tak kalah penting yakni mampu mengontrol emosi, jangan mudah terpancing oleh lawan.

Mantan bek PSS Sleman itu juga menekankan pentingnya memiliki mental yang kuat saat menghadapi lawan tangguh layaknya Thailand.

"Ini adalah partai final semoga adik-adik pemain bisa mengalahkan rasa tegang serta bermain lepas, mengikuti instruksi pelatih dengan baik serta bermain spartan pantang menyerah hingga menit terakhir," tuturnya.

"InsyaAllah Indonesia akan menjadi juara. Selamat berjuang Garuda Muda doa kami menyertaimu," imbuh Aditya Putra Dewa.

4 dari 6 halaman

Final Ideal

Pemain berusia 32 tahun itu menyebut laga Indonesia versus Thailand merupakan final ideal di SEA Games edisi kali ini. Pertandingan yang akan mempertemukan dua tim tangguh berstatus juara Grup A dan B.

Sepanjang babak penyisihan grup, kedua tim memang tampil gemilang tanpa sekalipun tersentuh kekalahan. Timnas Indonesia U-22 bahkan menyapu bersih kemenangan sejak fase grup sampai semifinal. Sementara Thailand, sempat meraih hasil imbang saat bersua Vietnam di penyisihan Grup B.

"Menurut saya ini adalah partai final ideal untuk SEA Games kali ini. Sangat layak disebut final ideal, pertandingan akan berjalan sangat seru, menarik dan sangat menegangkan," katanya.

"Dua tim tangguh di masing-masing grup bertemu di laga final, tentu akan ada sesuatu yang menarik di laga nanti. Meski secara prestasi Thailand memang mendominasi ajang ini, tapi saya optimistis Indonesia yang keluar sebagai juara tahun ini," tegas Aditya Putra Dewa.

5 dari 6 halaman

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023

Final sepak bola SEA Games 2023

  • Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand
  • Venue: Olympic Stadium, Phnom Penh
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Streaming: RCTI+
6 dari 6 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer