Sukses


Legenda 1991 Bangga Timnas Indonesia Tumbangkan Thailand untuk Emas SEA Games 2023: Perjuangan yang Melelahkan, Selamat!

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 mengakhiri penantian panjang 32 tahun. Sebab, terakhir kali skuad Merah Putih meraihnya ialah pada edisi 1991.

Torehan tinta emas ini diukir Timnas Indonesia U-22 secara dramatis setelah menumbangkan Thailand dengan skor 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam hari WIB.

Kesuksesan skuad Garuda Muda meraih medali emas ini tentu seperti mengulangi kisah manis yang diraih Indonesia pada SEA Games 1991. Saat itu, skuad juga sukses menjadi juara setelah menundukkan perlawanan Thailand di final.

Bedanya, ketika itu Timnas Indonesia asuhan Anatoli Polosin menang lewat drama adu penalti. Untuk edisi kali ini, skuad Garuda Muda asuhan Indra Sjafri menang lewat babak tambahan waktu.

Satu sosok legendaris yang ikut mengantarkan Timnas Indonesia meraih emas SEA Games 1991, Kas Hartadi, merasa bangga dengan keberhasilan skuad Garuda Muda menyamai prestasi itu di edisi 2023.

2 dari 5 halaman

Perjuangan yang Melelahkan

Kas Hartadi pun menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Timnas Indonesia U-22 yang sukses melewati setiap adangan yang tersaji sejak fase penyisihan grup hingga partai final SEA Games 2023.

Menurutnya, perjalanan Garuda Muda untuk bisa meraih emas tidak mudah. Sebab, setelah menghadapi lawan-lawan yang mudah di fase grup, Rizky Ridho dkk harus melewati dua tim raksasa Asia Tenggara.

“Pertama saya mengucapkan selamat buat Timnas Indonesia U-22 yang berhasil menjuarai SEA Games 2023. Menurut saya, ini adalah perjuangan yang sangat melelahkan,” kata Kas Hartadi saat dihubungi Bola.com, Selasa (16/5/2023).

 

3 dari 5 halaman

Pelatih dan Pemain Lokal Bisa Bawa Juara

Hal spesial lainnya yang sukses diperlihatkan Timnas Indonesia U-22 pada ajang kali ini mampu membantai Thailand dengan skor yang cukup mencolok, yakni 5-2.

Keberhasilan itu tentu semakin bertambah spesial karena skuad Garuda Muda di SEA Games 2023 ini hanya mengandalkan pelatih dan pemain lokal.

Selain tidak adanya penggawa naturalisasi, nama-nama asisten yang membantu Indra Sjafri di staf kepelatihan semuanya juga tenaga lokal.

“Timnas Indonesia U-22 punya mental luar biasa, sebab bisa membantai Thailand di final SEA Games 2023,” ujar Direktur Teknik (Dirtek) Dewa United Academy itu.

“Produk pelatih lokal dan pemain lokal bisa menjuarai ajang SEA Games yang sudah kita tunggu selama 32 tahun lamanya,” imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Menang Dramatis

Dua dari gol skuad Garuda Muda pada pertandingan ini dicetak oleh Ramadhan Sananta (21’ dan 45+6’). Namun, Thailand sempat menyamakan kedudukan via Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakorn Burapha (90+10’).

Pada babak tambahan waktu, Timnas Indonesia U-22 sukses mengunci kemenangan lewat gol yang dicetak Irfan Jauhari (92’), Fajar Fathur Rahman (107’), dan Beckham Putra Nugraha (120’).

Selain itu, laga ini juga berlangsung dramatis karena diwarnai dengan tujuh kartu merah. Wasit asal Oman, Matar Ali Al-Hatmi Qasim dipaksa bekerja cukup keras untuk mengambil keputusan tegas sepanjang laga.

5 dari 5 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer