Sukses


4 Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games 2023: Buah Manis Proyek Piala Dunia U-20 2021!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri berhasil mengukir tinta emas setelah berhasil menjuarai SEA Games 2023. Di balik prestasi istimewa ini, ada sejumlah faktor yang ikut membantu.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menyabet medali emas SEA Games 2023 diraih setelah menumbangkan perlawanan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam hari WIB.

Duel antara Indonesia melawan Thailand memang berlangsung dramatis. Setelah berbagai drama yang menghasilkan enam kartu merah, Garuda Muda akhirnya sukses menyudahi perlawanan ini dengan skor 5-2.

Sepanjang gelaran SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 memang tampil luar biasa. Racikan pelatih Indra Sjafri terbukti mampu menghasilkan performa yang terus menanjak hingga partai puncak.

Namun, jika ditarik lebih ke belakang, embrio keberhasilan Garuda Muda meraih medali emas ini sebetulnya bisa dilacak dari proyek persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 6 halaman

Ketajaman Lini Serang

Sektor lini serang Timnas Indonesia U-22 memang memiliki ketajaman yang teruji. Sejak dari awal fase penyisihan hingga partai final, Garuda Muda terhitung sangat produktif menghasilkan gol.

Sepanjang kejuaraan ini, anak asuh Indra Sjafri telah menghasilkan total 21 gol di SEA Games 2023. Ini menjadi jumlah tertinggi jika dibandingkan kontestan lain seperti Thailand (15 gol) dan Vietnam (13 gol).

Produktivitas ini tak terlepas dari mencuatnya dua nama pemain penting di lini serang. Mereka adalah Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman yang masing-masing mengoleksi lima gol.

Jumlah ini turut membawa keduanya memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di SEA Games 2023. Satu pemain lain yang sukses mencatatkan jumlah serupa ialah striker Vietnam, Nguyen Van Tung.

3 dari 6 halaman

Periodisasi Performa Garuda Muda

Tangan dingin Indra Sjafri sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-22 juga menjadi faktor penting di balik keberhasilan meraih medali emas yang mengakhiri penantian selama 32 tahun ini.

Sebab, Indra Sjafri mampu mengelola performa Timnas Indonesia U-22 dengan baik sejak fase grup. Dia sempat mengatakan, tim pelatih sudah menyiapkan rancangan periodisasi agar performa Garuda Muda mengalami puncaknya pada fase gugur.

Pada babak penyisihan, lawan yang dihadapi memang secara kertas di bawah Indonesia. Momentum inilah yang dimaksimalkan Indra Sjafri untuk mencari komposisi terbaik Garuda Muda di SEA Games 2023.

Hasilnya pun terbukti pada laga semifinal dan final. Indonesia selalu bisa mencatatkan keunggulan saat menghadapi lawan-lawan dengan kekuatan tangguh seperti Vietnam dan Thailand.

4 dari 6 halaman

Mental Tangguh

Faktor yang paling menentukan keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjuarai SEA Games 2023 ialah kekuatan mental. Hal inilah yang terlihat dari penampilan Garuda Muda, terutama di fase gugur.

Saat menghadapi Vietnam di semifinal, Timnas Indonesia U-22 tetap memiliki daya juang yang luar biasa meski harus tampil dengan 10 pemain, tepatnya setelah Pratama Arhan diusir keluar oleh wasit karena kartu kuning kedua.

Pada laga itu, Indonesia bisa bermain sabar dan menunggu kelengahan lawan hingga akhirnya mencetak gol pada menit ke-90+5 via sepakan Taufany Muslihuddin.

Hal serupa juga terlihat saat menantang Thailand di final. Skuad Garuda Muda tetap tak gentar meladeni perlawanan Thailand meski sempat mendapat provokasi yang menciptakan keributan di pinggir lapangan.

5 dari 6 halaman

Jam Terbang Pemain

Indra Sjafri juga beruntung karena memiliki pemain-pemain yang sudah cukup matang di SEA Games 2023 ini. Meskipun membawa kelompok usia U-22, tetapi sebagian besar pemainnya sudah sering tampil di kasta tertinggi.

Sebetulnya, kerangka utama Timnas Indonesia U-22 ini sudah dibangun jauh-jauh hari, yakni sekak Shin Tae-yong mempersiapkan Timnas U-19 untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Nama-nama yang dibawa di SEA Games 2023 ini sebagian besar juga merasakan gemblengan STY ketika menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang yang ketika itu diselenggarakan di Kroasia.

Beberapa di antaranya yakni Adi Satryo, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Fajar Fathur Rahman, Witan Sulaeman, Beckham Putra, hingga Irfan Jauhari.

Komposisi ini ditambah pemain-pemain muda yang mampu mencuri perhatian di level klub seperti Ananda Raehan, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Jeam Kelly Sroyer, dan lain-lain.

Setelah itu, para pemain jebolan Timnas U-19 ini mendapatkan menit bermain yang reguler bersama klubnya masing-masing di Liga 1. Bahkan, beberapa di antaranya sudah sering menjadi andalan Timnas Indonesia level senior di bawah asuhan Shin Tae-yong.

6 dari 6 halaman

Bola.com Eksklusif dari Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer