Sukses


Memukau di SEA Games 2023, Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari Calon Andalan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 baru saja meraih medali emas cabor sepak bola SEA Games. Euforia juara pun masih terasa. Maklum, sudah 32 tahun lamanya Tim Garuda menanti untuk menjadi yang terbaik di multievent olahraga dua tahunan tersebut.

Medali emas SEA Games 2023 jadi yang pertama untuk Timnas Indonesia, setelah kali terakhir mendapatkannya di Filipina pada 1991. Keberhasilan ini tentu menjadi pelepas dahaga prestasi sepak bola Tanah Air.

Timnas Indonesia U-22 sukses menaklukkan Thailand 5-2 pada final cabang olahraga sepak bola di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Parade gol Tim Merah-Putih dicetak via brace Ramadhan Sananta pada menit ke-21 dan 45+3'. Kemudian, Irfan Jauhari (93'), Fajar Fathur Rahman (107'), serta Beckham Putra (120'). Sedangkan Thailand cuma mampu membalas lewat Anan Yogsangwal (64') dan Yotsakorn Burapha (90+8').

Perjalanan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games edisi kali ini terbilang luar biasa. Garuda Muda mencatatkan torehan sempurna dengan menyapu bersih semua laga. Mencetak total 21 gol dan cuma kebobolan lima gol dalam enam pertandingan.

Di balik kesuksesan itu, ada kerja keras yang dilakukan oleh semua elemen tim. Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 tampil memukau di sepanjang gelaran SEA Games 2023. Dua di antaranya berposisi penyerang.

Dua pemain yang dimaksud adalah Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari. Mereka berkontribusi besar membawa Garuda Muda meraih medali emas SEA Games 2023.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ujung Tombak

Ramadhan Sananta menjadi salah satu pemain yang paling menonjol saat Indonesia mempermalukan Thailand di partai final SEA Games 2023. Pada laga ini striker PSM Makassar itu mencetak brace alias dua gol di babak pertama untuk keunggulan Tim Merah-Putih.

Sayangnya, Sananta tidak bermain penuh dalam kemenangan timnya. Dia terpaksa ditarik keluar pada paruh kedua, tepatnya di menit ke-54 karena cedera.

Tambahan dua golnya itu membuat Sananta melesat ke puncak daftar pencetak gol terbanyak SEA Games 2023. Lima koleksi golnya sejajar dengan kompatriotnya Fajar Fathur Rahman dan striker Vietnam, Nguyen Van Tung.

Di bawah asuhan Indra Sjafri, Sananta diplot sebagai ujung tombak andalan Garuda Muda. Dia mengisi tempat penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka, yang dicoret dari skuad utama.

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Indra Sjafri tidak salah memilih mantan penyerang Persikabo 1973 itu. Ramadhan Sananta mampu menunjukkan ketajamannya di sepanjang turnamen.

Pemain berusia 20 tahun itu dikenal memiliki kemampuan finishing yang baik. Dia sosok striker ulet dengan insting mematikan dalam menjebol gawang lawan. Performa apiknya di lapangan sudah dibuktikan Sananta saat mengantarkan PSM Makassar menjuarai Liga 1 2022/2023.

Dalam 24 penampilan, Sananta sukses membukukan 11 gol plus dua assist. Tak heran kalau pemain bernama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta itu mendadak menjadi primadona bagi publik Makassar. Padahal tahun lalu, tak banyak yang mengenal sosok kelahiran Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri itu.

 

3 dari 4 halaman

Cetak Gol Penentu

Ada juga sosok penyerang Persis Solo, Irfan Jauhari, di balik kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand pada final SEA Games 2023. Irfan sejatinya baru masuk di babak kedua, tepatnya pada menit ke-55 menggantikan Ramadhan Sananta.

Irfan Jauhari mencetak gol penting di babak extra time dan membuat Indonesia kembali unggul 3-2 atas Gajah Perang. Gol inilah yang menjadi awal mula kebangkitan pasukan Merah-Putih, hingga akhirnya menyudahi perlawanan Thailand dengan skor telak 5-2.

Pemain asal Ngawi, Jawa Timur itu tampil cukup baik sebagai penyerang di SEA Games 2023. Menilik statistik, Irfan Jauhari membukukan dua gol dari enam pertandingan. Adapun gol pertama Irfan dicetak pada laga perdana kontra Filipina.

Pemain berusia 22 tahun itu jadi opsi tepat bagi lini depan Garuda Muda. Ketika serangan buntu, Indra Sjafri memasukkan Irfan untuk menaikkan intensitas serangan. Dia kerap masuk menggantikan Ramadhan Sananta di sejumlah laga, termasuk pada partai final.

Performa gemilang Irfan Jauhari sudah terlihat bersama Persis Solo di Liga 1 2022/2023. Dari 19 penampilan, Irfan mencetak tiga gol plus dua assist buat Laskar Sambernyawa.

Di usia yang terbilang muda, Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari diharapkan bisa menjadi tumpuan skuad Garuda di masa depan. Mengingat, sudah cukup lama Timnas Indonesia tidak memiliki sosok striker haus gol dalam beberapa tahun belakangan. Pencapaian di SEA Games 2023 menjadi awal yang bagus bagi karier kedua pemain tersebut.

4 dari 4 halaman

Nikmati Sajian dari Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer