Sukses


Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games 2023 dalam Angka: Penantian Lebih dari 3 Dekade Terjawab

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 menggondol medali emas sepak bola SEA Games 2023. Tim Garuda Muda menang secara dramatis dalam laga final kontra Thailand dengan skor 5-2 di Stadion National Olympic Stadium Phom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-22 menyudahi penantian panjang selama 32 tahun dengan meraih medali emas di multievent olahraga dua tahunan tersebut. Hasil ini membuat medali emas ajang SEA Games bagi Indonesia bertambah.

Perjalanan Garuda Muda di SEA Games edisi kali ini terbilang luar biasa. Mereka mencatatkan torehan sempurna dengan menyapu bersih semua laga. Mencetak total 21 gol dan cuma kebobolan lima gol dalam enam pertandingan.

Di sisi lain, keberhasilan Indonesia menjuarai cabor sepak bola SEA Games tak terlepas dari kehebatan sang juru taktik, Indra Sjafri. Berkat tangan dingin pelatih berusia 60 tahun tersebut, Garuda Muda bisa tampil konsisten disepanjang turnamen.

Terdapat hal menarik tentang pencapaian Timnas Indonesia U-22 selama melakoni SEA Games 2023 di Kamboja. Termasuk datang dari deretan angka yang membungkus kesuksesan tim Merah-Putih. Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com berikut ini.

2 dari 6 halaman

7 Gol Tercipta di Final

Tujuh gol tercipta pada partai final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 versus Thailand. Skor akhir adalah 5-2 untuk tim Merah-Putih.

Lima gol Timnas Indonesia U-22 dihasilkan Ramadhan Sananta (2 gol), Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra.

Sementara Thailand hanya mampu mencetak gol dari Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham.

3 dari 6 halaman

32 Tahun Menanti

Angka tersebut yang berarti 32 tahun bagi Timnas Indonesia kembali merengkuh medali emas di cabor sepak bola SEA Games. Sebuah penantian yang sangat panjang.

Terakhir kali Timnas Indonesia menyabet medali emas SEA Games adalah pada tahun 1991 di Filipina. Saat itu Indonesia juga mengalahkan Thailand di partai puncak, melalui drama adu penalti.

4 dari 6 halaman

Bikin 21 Gol

Timnas Indonesia U-22 begitu superior selama SEA Games 2023. Anak asuh Indra Sjafri selalu meraih kemenangan dalam enam pertandingan.

Tidak hanya itu, produktivitas gol Timnas Indonesia U-22 sangat tinggi. Total sebanyak 21 gol dicetak, dengan rincian 13 gol di fase grup ditambah delapan gol di babak gugur.

Dari jumlah itu, dua pemain menjadi top scorer bersama. Yaitu Fajar Fathur Rahman dan Ramadhan Sananta dengan lima gol.

5 dari 6 halaman

3 Medali Emas Sepanjang Sejarah

Keberhasilan mengalahkan Thailand kemarin, berarti sudah ada tiga medali emas dari cabang olahraga sepak bola yang dicatatkan Timnas Indonesia di sepanjang sejarah SEA Games.

Dua medali emas sepak bola SEA Games milik Indonesia sebelumnya terjadi pada edisi 1987 di Jakarta dan 1991 di Filipina.

Jumlah prestasi yang dipersembahkan Indra Sajfri untuk Timnas Indonesia kelompok usia sejauh ini juga bertambah. Indra Sjafri membawa tim Merah-Putih menjuarai Piala AFF U-19 2013, Piala AFF U-22 2019, dan terbaru medali emas di Kamboja kemarin.

6 dari 6 halaman

3 Clean Sheet dan 5 Kali Kebobolan

Timnas Indonesia U-22 melaju dengan kencang sejak laga perdana hingga partai pamungkas. Selain mencetak total 21 gol sepanjang ajang SEA Games 2023, lini belakang Garuda Muda juga oke.

Tercatat Timnas Indonesia U-22 memiliki tiga kali clean sheet alias tidak kebobolan. Yaitu saat menghadapi Timor Leste, Filipina, dan Myanmar.

Di sisi lain, pertahanan yang digalang Rizky Ridho dkk. juga hanya kebobolan lima gol sepanjang pelaksanaan SEA Games 2023. Masing-masing dua gol dari Vietnam dan Thailand, dan sebiji gol dari Kamboja.

Video Populer

Foto Populer