Sukses


Timnas Indonesia U-22 Tidak Ikut Pembukaan Pawai Kirab, Ini Penjelasan Menpora Dito

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi membuka pawai bertajuk Kirab Juara SEA Games 2023.

Acara itu dilakukan di Gedung Kemenpora, Jakarta, pada Jumat (19/5/2023) sekitar pukul 08.00 pagi WIB.  Acara ini merupkan bentuk apresiasi atas kerja keras kontingen Indonesia di SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil menempati posisi ketiga klasemen akhir, dengan torehan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. 

Berbagai sejarah baru juga sempat tercipta di ajang multi event se-Asia Tenggara itu, salah satunya ialah keberhasilan Timnas Indonesia U-22 mengakhiri puasa medali emas di cabang olahraga sepak bola yang sudah berlangsung selama 32 tahun. 

Namun, Timnas Indonesia U-22 nampak tidak ikut dalam prosesi pembukaan pawai Kirab Juara di Kemenpora pada Jumat (18/5/2023).

Padahal, Marselino Ferdinan dkk. sudah langsung bersiaga di atas kendaraan pawai di depan Gedung Kemenpora. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penjelasan Dito

Dito Ariotedjo pun mengungkap alasan tidak hadirnya anak-anak asuh Indra Sjafri di pembukaan tersebut.

Menurut Menpora Dito, keputusan ini diambil demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lantaran massa suporter Timnas Indonesia U-22 telah memadati kawasan Kemenpora. 

"Bapak Erick Thohir menyampaikan, di depan sudah menunggu tim sepak bola karena ternyata massa sudah memblok," papar Dito saat acara pembukaan pawai Kirab Juara, Jumat (19/5/2023). 

"Kalau turun (ikut acara pembuka) katanya bisa chaos, jadi kita bersama-sama nantinya dengan seluruh cabang olahraga yang hadir untuk keliling buat menyapa masyarakat yang bangga dengan kalian (kontingen Indonesia)," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Antusiasme Luar Biasa

Timnas Indonesia U-22 memang memancing antusiasme luar biasa dari para suporter. Suasana Arak-arakan Timnas Indonesia U-22. Perjalanan Timnas U-22 menuju Kantor Kemenpora sejak awal sudah tersendat.

Menurut laporan pantauan dari Bola.com, arak-arakan bus Timnas Indknesia U-22 per pukul 08.34 WIB masih berada di kawasan Senayan mengingat tingginya animo suporter yang ingin menyaksikan kedatangan Garuda Muda. 

Para suporter dan pemain kompak menyanyikan chant-chant yang biasa berkumandang di area tribun stadion saat timnas berlaga sembari mengibarkan bendera Merah Putih. Beberapa bintang Garuda Muda pun diteriaki dengan semangat.

 

4 dari 4 halaman

Keliling Jakarta

Rute Arak-arakan Timnas dan Kontingen Indonesia Kontingen Merah Putih bersama Timnas Indonesia U-22 yang tampil di SEA Games 2023 sudah memulai pawai sejak Jumat (19/5/2023) pagi. 

Atlet-atlet olahraga dari sejumlah cabang olahraga mulai diarak dari Gedung Kemenpora, Jakarta, melewati Jalan Jenderal Sudirman Sudirman ke Bundaran HI, hingga finis di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Timnas Indonesia U-22 menjadi primadona pada arak-arakan itu. Di sepanjang rute yang dilewati, mereka selalu diserbu oleh suporter.

Video Populer

Foto Populer