Sukses


Timnas Malaysia Berebut Stadion Bukit Jalil dengan Coldplay, Timnas Indonesia Pilih Pasrah Terusir dari SUGBK?

Bola.com, Kuala Lumpur - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memastikan Timnas Malaysia ingin tetap bermain di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada agenda pertandingan November 2023. FAM tak mau kegiatan Harimau Malaya terganggu konser Coldplay.

Timnas Malaysia memiliki dua agenda sepanjang November 2023. Pasukan Kim Pan-gon akan melakoni laga pada 16 dan 21 November 2023 yang diharapkan bisa berlangsung di Stadion Bukit Jalil.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Amin, berharap laga kandang Timnas Malaysia bisa digelar di Stadion Bukit Jalil. Padahal, stadion kebanggaan masyarakat Malaysia itu akan menggelar konser Coldplay pada 22 November 2023.

FAM diklaim sudah melakukan komunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Hannah Yeoh, dan juga pengelola Stadion Bukit Jalil, Malaysia Stadium Corporation (MSC). Bila terusir dari Bukit Jalil, FAM mengancam tidak akan mau bekerja sama lagi dengan MSC.

"Kami memiliki kontrak dengan MSC yang menyatakan tempat tersebut harus tersedia untuk pertandingan Harimau Malaya selama kalender FIFA. Jika ini selalu terjadi, maka lebih baik tidak ada kontrak dengan perusahaan," kata Datuk Hamidin Amin seperti dikutip New Straits Times.

2 dari 4 halaman

Pantang Mundur

Datuk Hamidin Amin menegaskan, FAM tetap akan berusaha sekuat tenaga agar Timnas Malaysia tak terusir dari Stadion Bukit Jalil. Keputusan akhirnya akan diungkap setelah undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar pada Juli mendatang.

"Kami akan mengajukan banding dan melihat apakah lapangan tersedia pada 21 November. Kami akan melakukannya setelah pengundian pada bulan Juli," tegas Datuk Hamidin Amin.

Dua laga sepanjang November 2023 sangat krusial buat Timnas Malaysia. Laga itu merupakan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sekaligus memperebutkan tiket menuju Piala Asia 2027.

3 dari 4 halaman

Harus Adil

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Hannah Yeoh, berusaha memengangi perebutan Stadion Bukit Jalil antara Timnas Malaysia dan band Coldplay. Hannah berjanji akan mencarikan solusi terbaik untuk kedua pihak.

"Memang masalah stadion, kami harus menyeimbangkan antara olahraga dengan konser. Yang satu ini, kami telah mendiskusikan beberapa opsi," kata Hannah Yeoh seperti dikutip Berita Harian.

"Akan tetapi, saya tidak ingin mengumumkan pilihan ini karena kami perlu menunggu undian pada bulan Juli mendatang," ujar Hannah.

4 dari 4 halaman

Nasib Sama

Tak hanya Timnas Malaysia, Timnas Indonesia juga punya nasib sama pada November 2023. Seperti diketahui, Timnas Indonesia memiliki dua agenda Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 dan 17 November 2023.

Adapun Coldplay juga menggelar konser di Indonesia pada 15 November 2023. Konser tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Namun, PSSI sepertinya lebih melunak ketimbang FAM. PSSI diyakini bakal mengalah dan mencari alternatif stadion yang akan jadi kandang dari Timnas Indonesia untuk laga-laga tersebut.

Sumber: New Straits Times, Berita Harian

Video Populer

Foto Populer