Sukses


Demi Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Boyong Ivar Jenner dan Rafael Struick ke Jakarta untuk Tuntaskan Naturalisasi

Bola.com, Jakarta - PSSI memboyong dua pemnain keturunan asal Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Keduanya segera menuntaskan proses naturalisasi yang telah berada di tahap akhir.

Ivar Jenner dan Rafael Struick tinggal melalui proses pengambilan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menuntaskan naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, bakal menepati janjinya untuk merampungkan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick setelah keduanya menyelesaikan kompetisi di Belanda.

Ivar Jenner bermain untuk Jong Utrecht, dan Rafael Struick membela ADO Den Haag. Keduanya sama-sama berkancah di kasta kedua Liga Belanda yang baru saja berakhir pada Jumat (19/5/2023).

2 dari 4 halaman

Baru Selesaikan Liga Belanda

Pada musim lalu, Ivar Jenner yang berusia 19 tahun bertanding 13 kali untuk Jong Utrecht. Sementara, Rafael Struick yang berumur 20 tahun hanya dua kali merumput bersama ADO Den Haag.

"Sesuai janji Ketua PSSI, Erick Thohir, mereka akan datang setelah kompetisi mereka selesai. Sekarang sedang dalam perjalanan ke Indonesia," ujar Arya dalam akun Instagramnya, @arya.m.sinulingga.

Sebelumnya, Erick Thohir fokus mengawal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang berakhir dengan medali emas dan memutus dahaga podium utama selama 32 tahun atau sejak 1991.

3 dari 4 halaman

Perpindahan Asosiasi

"Selesai selebrasi juara SEA Games 2023, langsung kerja," imbuh Arya.

Setelah menaturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick, PSSI perlu mengurus perpindahan asosiasi keduanya dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke Indonesia di FIFA. Sesudah itu, keduanya baru bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick sebenarnya untuk proyek timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, turnamen itu batal digelar di Tanah Air dan dipindahkan ke Argentina.

4 dari 4 halaman

Unggahan Arya Sinulingga

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Arya Sinulingga (@arya.m.sinulingga)

Video Populer

Foto Populer