Sukses


Positif dan Negatif Regulasi Pemain Asing 5+1 di Liga 1 Musim Depan Versi Pelatih Persis

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mengungkapkan pandangannya terkait perubahan regulasi asing pada kompetisi Liga 1 musim depan. Dia melihat, ada sisi positif dan negatif dari perubahan ini.

Menurut Leonardo Medina, sisi positif dan negatif dari perubahan regulasi ini muncul karena penambahan kuota pemain asing. Jika sebelumnya Liga 1 menggunakan 3+1, kini jumlahnya menjadi 5+1.

Pelatih yang akrab disapa Leo itu mengatakan, enam pemain asing yang bakal memperkuat setiap kontestan ini akan meningkatkan level permainan Liga 1. Di lain sisi, melimpahnya jumlah ini juga akan mengikis peluang pemain lokal untuk mendapatkan menit bermain.

“Regulasi pemain asing baru di Indonesia memberikan keuntungan di beberapa sisi, tapi ada pula ketidakuntungannya di sisi lain,” kata Leonardo Medina.

“Keuntungannya ialah karena level Liga 1 akan meningkat. Namun, kekurangannya yakni jumlah pemain lokal yang bermain akan berkurang,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Maksimalkan Aspek Positif

Juru taktik asal Meksiko itu menyebut, meningkatnya kuota penggunaan pemain asing ini semestinya harus dimaksimalkan.

Oleh karena itu, Persis bakal berusaha mencari tenaga impor yang bersedia dan mampu meningkatkan level pemain lokal milik Laskar Sambernyawa.

“Namun juga pemain asing yang bertambah ini seharusnya bisa membantu menaikkan level pemain lokal,” ujar mantan asisten pelatih Johor Darul Takzim ini.

“Inilah yang sedang kami pikirkan. Kami ingin pemain asing bisa membantu pemain lokal meningkatkan levelnya,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Lokal Harus Tingkatkan Level

Membanjirnya para pemain asing di Liga 1 musim depan tentu menjadi tantangan baru bagi para pemain lokal untuk bisa berebut posisi utama di timnya masing-masing.

Oleh karena itu, Leonardo Medina berharap para pemain lokalnya bisa berusaha untuk mengejar level ini karena tingkat persaingan Liga 1 musim depan bakal semakin ketat.

“Karena Liga ini sangat ketat dan kami akan menjadi kuat apabila pemain lokal juga naik levelnya. Kami harus sangat jelas soal hal itu,” ujarnya.

“Pemain yang kami pilih musim ini harus mau meningkatkan level pemain lokal. Sebab, Liga 1 yang kuat bergantung pada pemain lokal,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Tenaga Asing Meningkat 50 Persen

Perubahan regulasi penggunaan pemain asing dengan menerapkan komposisi 5 pemain asing bebas dan satu asal Asia ini akan meningkatkan jumlah tenaga impor di Liga 1.

Pasalnya, jika sebelumnya setiap klub memiliki empat pemain, kini tiap kontestan bisa menggunakan enam pemain. Artinya, jumlah pemain asing bakal meningkat hingga 50%.

Video Populer

Foto Populer