Sukses


Daftar PR Shin Tae-yong dengan Skuad Timnas Indonesia U-22 Jebolan SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 baru saja meraih medali emas SEA Games 2023. Garuda Muda menumbangkan Thailand 5-2 dalam partai final di Stadion Olympic, Phom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Tim Merah-Putih mengakhiri puasa gelar juara cabor sepak bola SEA Games selama 32 tahun lamanya. Pencapaian tersebut jelas terasa istimewa karena kali terakhir Garuda menjadi yang terbaik di multievent olahraga dua tahunan itu terjadi pada edisi 1991.

Meski begitu, Rizky Ridho dkk. harus segera menghentikan euforia juara SEA Games 2023. Kini saatnya Indonesia fokus pada sejumlah agenda besar lainnya.

Setidaknya ada dua turnamen yang akan dijalani Timnas Indonesia U-22 dalam waktu dekat ini, yang pertama yakni melakoni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 4-12 September 2023. Selanjutnya berlaga di Asian Games di Hangzhou, Tiongkok, 19 September hingga 8 Oktober 2023.

2 dari 5 halaman

Tambal Sulam Skuad

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong nampaknya tidak akan kesulitan untuk menentukan pemain yang masuk daftar skuad nantinya. Pelatih asal Korea Selatan itu hanya perlu sedikit menambal beberapa sektor yang dirasa kurang. Plus, dia bisa mencomot beberapa pemain jebolan SEA Games yang tampil menonjol di sepanjang turnamen.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong akan berfokus menangani Timnas Indonesia senior dinanti sejumlah agenda besar. Mulai dari FIFA Matchday 2023 pada 12-20 Juni dan 4-12 September.

Kemudian, Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimulai pada 12 Oktober 2023. Selanjutnya, Piala Asia 2023 pada 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar. Pada turnamen ini, Timnas Indonesia tergabung di Grup D dan akan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

3 dari 5 halaman

Bisa Panggil Pemain Jebolan SEA Games

Shin Tae-yong bakal lebih dulu memimpin Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday Juni mendatang. Pada laga ini, Shin diyakini bakal memanggil sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 untuk masuk dalam skuad Garuda.

Apalagi, sepanjang SEA Games lalu skuad Merah-Putih memang tampil begitu luar biasa. Oleh karena itu, beberapa pemain di antaranya bisa dilirik Shin Tae-yong pada FIFA Matchday bulan depan. Opini ini dilontarkan oleh pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto.

"Saya rasa kalau untuk event resmi yang akan diikuti Timnas kelompok umur, nanti pelatih tidak akan kesulitan mencari pemain untuk mengisi daftar skuad," ujar Erwan kepada Bola.com, Minggu (21/5/2023) siang.

"Ini merujuk dari penampilan Timnas di SEA Games Kamboja ya, performa mereka kan luar biasa dengan meraih medali emas. Banyak pemain menonjol di skuad Garuda Muda yang bisa menjadi andalan untuk turnamen selanjutnya," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal FIFA Matchday

Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani uji coba dua kali dalam FIFA Matchday edisi Juni 2023. Pertama, Skuad Garuda akan melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, pada 14 Juni 2023.

Kemudian, Garuda Nusantara bakal menjajal kekuatan juara Piala Dunia 2022, Timnas Argentina. Laga ini rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, antara 18 atau 19 Juni 2023.

5 dari 5 halaman

Jadi Keuntungan

Menurut Erwan Hendarwanto, akan jadi satu keuntungan apabila para pemain U-22 diikutsertakan dalam FIFA Matchday.

"Tentu bagus buat pemain muda bisa menghadapi lawan-lawan yang tangguh. Bisa jadi modal bagus bukan hanya untuk pelatih dalam menentukan skuad jelang mengikuti agenda resmi turnamen kelompok usia, tetapi juga bagus untuk pemain," katanya.

"Jadi menurut saya ini continue, para pemain muda kelompok usia, ini kan tentunya nanti pasti beberapa dari mereka bakal bermain untuk Timnas senior entah itu dipanggil STY gabung skuad Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia di Qatar nanti," lanjut Erwan.

Video Populer

Foto Populer