Sukses


Kekuatan Terkini PSM untuk Hadapi Liga 1 Musim Depan: Sang Jawara Pertahankan Wajah Lama

Bola.com, Jakarta - Setelah berhasil meraih gelar juara, PSM Makassar terhitung cukup sukses mempertahankan komposisi pemain andalannya musim lalu untuk menghadapi persaingan ketat di Liga 1 musim depan.

Beberapa pemain yang menjadi andalan PSM Makassar di Liga 1 2022/2023 memang sukses dipagari dari godaan tim lain. Namun, ada beberapa nama yang harus dilepas karena gagal dipertahankan.

Sejauh ini, pergerakan skuad Juku Eja dalam menyambut kompetisi musim baru masih sebatas mengumumkan nama-nama yang kontraknya diperpanjang. Tiga nama pemain asing sudah resmi bertahan, sedangkan satu lainnya belum ada kepastian.

Selain itu, penggawa lokal yang menjadi andalan Juku Eja musim lalu juga telah menerima kontrak baru.  Sementara itu, satu-satunya pemain anyar yang sudah berhasil diamankan ialah Rizky Pellu.

Jika melihat skuad PSM Makassar yang ada untuk sementara ini, komposisi pemain yang akan mengisi skema 3-5-2 racikan Bernardo Tavares masih mengandalkan wajah-wajah lama. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Lini Pertahanan

Untuk sektor pertahanan, PSM Makassar sudah dipastikan mempertahankan penjaga gawang andalannya musim lalu, yakni Reza Arya Pratama. Dia jadi pilihan utama dengan catatan 14 kali cleansheet dari 33 penampilan.

Selanjutnya, ada tiga nama pemain lokal yang akan mengisi skema tiga bek sejajar. Mereka adalah Akbar Tanjung, Erwin Gutawa, dan Safrudin Tahar. Bek asing yang memperkuat PSM musim lalu, Yuran Fernandes, statusnya masih menggantung.

Sebab, Yuran belum diumumkan mendapat perpanjangan kontrak dari Juku Eja. Padahal, musim lalu dia menjadi salah satu pilar penting di jantung pertahanan.

 

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Sektor tengah PSM Makassar sejauh ini juga masih diwarnai wajah-wajah lama. Dua pemain yang bakal menyisir sektor wing back ialah pemain kembar, Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. Keduanya sudah resmi dipagari PSM dengan kontrak baru.

Sementara itu, tiga pemain menjadi motor permainan di lini tengah ialah Ananda Raehan, Rizky Pellu, dan Kenzo Nambu. Ananda Raehan memang belum resmi diumumkan perpanjangan kontraknya. 

Namun, dari kabar yang berhembus, dia bakal menerima kontrak baru. Sementara itu, Kenzo Nambu jadi pemain asing yang akan kembali membantu PSM musim depan. Sektor ini ketambahan RIzky Pellu, pemain yang sempat dua musim bermain untuk Bali United.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Selanjutnya, dua pemain yang akan menjadi andalan PSM Makassar di sektor ujung tombak ialah duet penggawa impor antara Wiljan Pluim dan Everton Nascimento.

Pluim resmi menerima perpanjangan kontrak jangka panjang dari Juku Eja. Musim lalu, dia menjadi pencetak gol dan assist terbanyak. Tercatat, pemain asal Belanda itu menghasilkan 11 gol dan 10 assist.

Dia akan bertugas memberikan servis matang kepada Everton Nascimento. Pada Liga 1 2022/2023, Everton tampil cukup apik dengan menyumbangkan delapan gol dan tiga assist untuk PSM Makassar.

5 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain Sementara PSM Makassar

(3-5-2): Reza Pratama; Akbar Tanjung, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Ananda Raehan, Kenzo Nambu, Rizky Pellu, Yakob Sayuri; Everton Nascimento, Wiljan Pluim;

Pelatih: Bernardo Tavares

 

Keterangan: Daftar susunan pemain ini menggambarkan kekuatan sementara PSM Makassar berdasarkan komposisi terbaiknya hingga Kamis (25/5/2023). Seiring datangnya nama-nama pemain baru, komposisi ini berpeluang besar mengalami perubahan. 

Video Populer

Foto Populer