Sukses


Ketagihan Setelah Raih Emas SEA Games 2023, Menpora Berharap Timnas Indonesia U-23 Berprestasi di Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 sukses meraih medali emas di SEA Games 2023. Skuad asuhan Indra Sjafri mengalahkan Thailand 5-2 pada babak final.

Keberhasilan di Kamboja tampaknya membuat Menpora Dito Ariotedjo ketagihan. Dito ingin skuad Garuda Muda bisa meraih hasil maksimal di Asian Games 2022 yang baru akan digelar pada 2023 ini.

Ajang tersebut akan berlangsung di Hangzhou, China, pada September hingga Oktober 2023. Timnas Indonesia U-23 dipastikan akan ikut serta pada ajang multievent tersebut.

"Kita di Asian Games mohon dipastikan jangan sampai jeblok karena euforia masyarakat sangat tinggi," ujar Dito dalam acara pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Hotel Fairmount, Jakarta, Jumat (26/5/2023) sore WIB.

2 dari 3 halaman

Digandrungi

Dito Ariotedjo menyatakan sepak bola memang menjadi olahraga yang paling digandrungi di Tanah Air. Menurut data yang ia miliki, lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepak bola.

"Karena sepak bola digandrungi oleh 70 persen masyarakat Indonesia," katanya.

Dito juga merasa, sepak bola bisa menjadi pemicu cabang olahraga lain untuk bangkit. Antusiasme masyarakat kepada cabang olahraga yang lain juga bisa meningkat karena sepak bola.

"Sepak bola juga bisa mengangkat semangat atlet lain dan antusiasme masyarakat terhadap olahraga," tandas Dito.

3 dari 3 halaman

Sejak 1958

Prestasi sepak bola Indonesia di ajang Asian Games sebenarnya biasa saja. Sejauh ini hanya ada satu medali perunggu yang berhasil dibawa pulang ke Tanah Air dari cabang olahraga itu.

Timnas Indonesia meraih medali perunggu pada Asian Games 1958. Saat itu Jepang mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah ajang multievent paling bergengsi di Asia itu.

Sementara itu Korea Selatan masih merajai cabang olahraga sepak bola Asian Games. Mereka meraih enam medali emas dari cabang olahraga tersebut. Termasuk satu emas yang didapatkan di Jakarta-Palembang 2018.

Video Populer

Foto Populer