Sukses


Prediksi Starting XI Timnas Indonesia jika Berisi Full Pemain Naturalisasi: Tim Garuda Bisa Imbangi Argentina?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan mendapat tambahan tenaga dari pemain naturalisasi, saat berjumpa Palestina dan Argentina dalam FIFA Matchday periode Juni 2023.

Yang terbaru, ada dua pemain naturalisasi yang resmi menerima panggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Mereka adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick yang baru saja menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Kepastian tersebut datang dari masing-masing klub para pemain itu. FC Utrecht tempat Ivar Jenner bernaung dan ADO Den Haag yang menjadi klub Rafael Struick, sama-sama merilis pemanggilan dua pemain itu pada FIFA Matchday.

Selain itu, masih ada Sandy Walsh dan Shayne Pattynama yang berpeluang besar mencatatkan debut bersama tim Merah Putih. Sandy dan Shayne belum bisa bermain pada FIFA Matchday periode sebelumnya saat menghadapi Burundi.

Dengan tambahan empat pemain tersebut, Shin Tae-yong tentu bakal memiliki opsi lebih banyak dalam menyusun kekuatan terbaik Timnas Indonesia pada laga melawan Palestina dan Argentina.

Bahkan, jika melihat ketersediaan pemain yang ada, pelatih asal Korea Selatan itu bisa saja menurunkan komposisi skuad yang dipenuhi pilar naturalisasi.

Berikut Bola.com menyajikan prakiraan formasi Timnas Indonesia dengan diperkuat pemain naturalisasi.

 

2 dari 5 halaman

Sektor Pertahanan Tanpa Pemain Lokal

Dengan menggunakan skema 4-3-3 atau variasinya menjadi 4-2-3-1, sebetulnya sudah ada empat nama pemain naturalisasi yang bisa diturunkan langsung Shin Tae-yong di sektor pertahanan.

Untuk posisi sentral, ada duet Jordi Amat dan Elkan Baggott yang bertugas mengawal jantung pertahanan. Adapun sisi bek kiri bisa diberikan kepada Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh di sisi kanan.

Namun untuk pos penjaga gawang, Indonesia memang belum memiliki pemain naturalisasi. Sehingga, opsi terbaik yang bisa digunakan oleh skuad Merah Putih ialah mengandalkan Nadeo Argawinata.

 

3 dari 5 halaman

Trio Pemain Kelahiran Belanda di Lini Tengah

Menuju sektor tengah, Shin Tae-yong juga masih bisa memaksimalkan sejumlah nama pemain yang kerap menjadi andalan. Nama pertama ialah Marc Klok yang sudah sering mendapat panggilan sejak 2022.

Pemain kelahiran Belanda itu ditemani gelandang muda yang baru saja mendapatkan status WNI, yaitu Ivar Jenner. Sebelum pemanggilan ini, pemain FC Utrecht itu sudah sempat memperkuat Timnas U-20.

Adapun untuk gelandang yang punya karakter lebih ofensif, opsi terbaik yang bisa dipilih ialah Stefano Lilipaly. Ketiga pemain kelahiran Belanda bisa menjalankan tugas dan perannya masing-masing di lini tengah.

 

4 dari 5 halaman

Trisula Lini Serang

Selanjutnya, tiga nama pemain berstatus naturalisasi di lini serang yang bisa dipilih untuk menghadapi FIFA Matchday nanti ialah Ezra Walian, Ilija Spasojevic, dan Rafael Struick.

Khusus untuk nama yang disebut terakhir, pemain asal ADO Den Haag ini biasanya beroperasi di sektor kiri. Jika demikian, maka Ezra Walian bisa digeser ke sisi penyerangan sektor kanan.

Kedua pemain ini tentu memiliki tugas penting untuk memberikan suplai bola yang matang kepada Spasojevic yang diplot di posisi ujung tombak.

Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia Jika Diperkuat Pemain Naturalisasi

(4-3-3): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Marc Klok, Ivar Jenner, Stefano Lilipaly; Ezra Walian, Ilija Spasojevic, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

5 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Marc Klok, Ivar Jenner, Stefano Lilipaly; Ezra Walian, Ilija Spasojevic, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer